Rabu 20 Jun 2012 04:38 WIB

Kejutan, Swedia Kalahkan Prancis 2-0

 Gol akrobatik Ibrahimovic membawa Swedia unggul 1-0 atas Prancis di Stadion Olympic Kyev, Rabu(20/6).
Foto: (Sergei Grits/AP)
Gol akrobatik Ibrahimovic membawa Swedia unggul 1-0 atas Prancis di Stadion Olympic Kyev, Rabu(20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Diluar dugaan Swedia ngamuk di laga pamungkas. Zlatan Ibrahimovic membenamkan Prancis yag tampil superior dia dua laga awal dua gol tanpa balas. Meminggirkan Jeremy Menez yang tampil gemilang kala melawan Ukraina, Hatem Ben Arfa diberi kesempatan untuk membuktikan kapasitasnya.

Prancis berusaha tampil menyerang, namun justru Swedia mengancam lewat Toivonen yang menjadi starter menggantikan Elmander. Les Blues membalas lewat aksi Ben Arfa, sayang tembakan bintang Newcastle itu masih melebar

Toivonen mendapat peluang emas, namun ketika sudah melewati Lloris, tendangannya masih melebar. Memasuki menit 12 pertandingan, Prancis tercatat mendominasi jalannya pertandingan hingga 62 persen. Meski begitu, Lloris dkk toh belum mampu membongkar pertahanan Swedia.

Dibabak kedua, Pelatih Swedia Erik Hamren melakukan pergantian pemain pertamanya di awal babak kedua dengan menarik keluar Emir Bajrami serta menurunkan Christian Wilhelmsson sebagai gantinya.

Namun, tidak lama berselang, tepatnya di menit 54, umpan silang Larsson justru mengawali gol Swedia yang dicetak oleh kapten mereka, Ibrahimovic. Berawal dari umpan voli Larsson, Ibrahimovic memaksimalkan peluang dan mencetak gol spektakuler bagi pasukan Biru Kuning. 1-0 Swedia memimpin.

Tertinggal satu gol, pelatih Tim Ayam Jantan Laurent Blanc memasukkan Malouda menggantikan Ben Arfa. Begitu juga pada menit ke-77, Nasri ditarik untuk digantikan Jeremy Menez.

Sementara itu, Swedia pun melakukan pergantian pemain, Toivonen dan Svensson diganti oleh Pontus Wernbloom dan Samuel Holmen.

Peluang terbaik Prancis di babak kedua datang dari Menez di menit 82 yang berhasil meloloskan diri dari penjagaan bek Swedia. Namun, tendangannya masih mampu diblok Isaksson sehingga berujung pada sepak pojok.

Ketika laga tersisa tujuh menit pada waktu normal, Blanc melakukan pergantian pemain terakhirnya dengan memasukkan Olivier Giroud untuk menggantikan M’Vila.

Sial bagi Les Bleus, alih-alih menyamakan kedudukan, mereka justru kembali kebobolan di masa injury time. Holmen yang diturunkan di tengah babak kedua sempat mengancam gawang Lloris, sebelum bola tendangannya membentur mistar. Namun, Larsson segera menyambar bola rebound dan mengoyak gawang Lloris dari jarak dekat.

Hingga babak pertandingan selesai, Swedia unggul 2-0 atas Prancis

Susunan Pemain :

Swedia : Isaksson, Mellberg, Granqvist, M Olsson, J Olsson, Larsson, Svensson (Holmen), Källström, Bajrami, Ibrahimović, Toivonen (Wenbloom)

Prancis: Lloris, Debuchy, Rami, Mexès, Clichy, Ribéry, Nasri (Menez), M'Vila (Giroud), Diarra, Ben Arfa (Malouda), Benzema

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement