Selasa 19 Jun 2012 22:05 WIB

Prancis Dilema Hadapi Swedia

Laurent Blanc
Foto: Reuters/Benoit Tessier
Laurent Blanc

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Meski sudah dinyatakan aman lolos ke perempat final, Prancis masih dijangkiti dilema. Sebab, Prancis kini sedang kebingungan siapa yang bakal dihadapi tim 'Ayam Jantan' di fase delapan besar.

Pada laga terakhir fase penyisihan Grup D Euro 2012, Prancis bakal Stadion Olympic, Kiev, Ukraina, Rabu (20/6) dini hari WIB. Meski kalah 0-1 dari Swedia Prancis tetap akan lolos ke perempat final sebagai runner up.

Tapi jika lolos sebagai runner up, Prancis bakal bersua Spanyol di perempat final. Meski pun lolos sebagai juara, lawan Prancis di babak delapan besar juga tidak mudah, lantaran sudah ditunggu Italia.

Pelatih Prancis, Laurent Blanc mungkin akan mempertimbangkan mengistirahatkan para pemain yang terkena kartu kuning di laga sebelumnya. Kendati demikian, Blanc menyakinkan, Les Blues akan bermain untuk memenangi pertandingan.

"Selalu sulit melawan Swedia, namun kami bersiap untuk menang," kata Blanc.

Menurut Blanc, fasilitas yang mereka dapatkan di markas Donetsk sangat membantu timnya. "Strukturnya ideal. Kami tidak pernah mengalami hal seperti ini. Semua serba ada dan ini sangat membantu kami mempersiapkan diri," kata Francois Darras, salah satu dari tiga fisioterapis Prancis.

Jika Prancis mampu mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup D, tim asuhan  Le President akan pergi ke Kiev untuk

berhadapan dengan Gli Azzurri dan kehilangan waktu pemulihan kondisi fisik. Prancis akan berada di puncak klasemen jika mampu mengalahkan Swedia sementara Inggris mengalahkan Ukraina tanpa selisih gol yang besar.

Saat ini Prancis menangguk empat poin, sama seperti Inggris. Sementara Ukraina berada di tempat ketiga dengan tiga poin dan Swedia tanpa poin satu pun sekaligus membuat Zlatan Ibrahimovic dipastikan tersingkir.

Hasil imbang pada kedua pertandingan ini juga akan menempatkan Prancis dan Inggris  di perempat final. Dengan skenario yang menguntungkan Prancis inilah, Blanc punya kesempatan untuk mengistirahatkan pemain yang sudah terkena kartu kuning.

Sementara Ukraina bakal tampil lepas tanpa beban. Ibrahmovic mengaku akan bermain maksimal untuk mengembalikan performa mereka setelah kalah dari Inggris dan Ukraina. "Kami akan bermain lepas dan akan membawa pulang poin," pungkas striker AC Milan itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement