Senin 18 Jun 2012 14:32 WIB

Inilah Sistem Head-to-Head yang Bisa Singkirkan Italia

Piala Eropa 2012 (ilustrasi)
Foto: Reuters/Sergio Perez
Piala Eropa 2012 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, POZNAN -- Media Italia menyuarakan adanya kemungkinan konspirasi di laga terakhir Grup C Piala Eropa 2012. Karena jikapun bisa menekuk Republik Irlandia dengan skor 100-0, Italia tetap akan tersingkir jika Spanyol dan Kroasia bermain imbang minimal 2-2 pada malam ini.

Sistem head-to-head yang diterapkan di Euro 2012 memungkinkan hal tersebut terjadi. Spanyol dan Kroasia saat ini sama-sama mengoleksi empat poin. Italia berada di posisi ketiga dengan dua poin. Sementara, Republik Irlandia sudah pasti tersingkir setelah menelan dua kekalahan.

Jika Spanyol dan Kroasia malam ini bermain seri 0-0, maka kemenangan atas Irlandia akan membawa Italia lolos bersama Spanyol. Italia akan menjadi juara Grup C.

Jika Spanyol dan Kroasia imbang 1-1, maka Italia akan menerima banyak kemungkinan. Italia tetap tidak akan lolos jika mengalahkan Irlandia dengan satu gol atau 2-0. Spanyol yang akan jadi juara grupnya, sementara Kroasia keluar sebagai runner-up.

Dengan hasil imbang 1-1 tersebut, Italia baru bisa lolos ke perempat final jika mengalahkan Irlandia dengan minimal tiga gol. Italia akan lolos dengan menjadi runner-up Grup C. Italia baru akan lolos dengan menjadi juara grup jika mengalahkan Irlandia minimal dengan lima gol.

Skenario ketiga adalah Spanyol dan Kroasia bermain imbang 2-2. Jika hal tersebut yang terjadi, maka hasil pertandingan Irlandia lawan Italia tidak diperhitungkan. Spanyol dan Kroasia otomatis yang akan lolos ke babak delapan besar.

Klasemen Grup C

Spanyol     2     1     1     0     5     1     +4     4

Kroasia     2     1     1     0     4     2     +2     4

Italia     2     0     2     0     2     2     0     2

Irlandia     2     0     0     2     1     7     −6     0

sumber : www.uefa.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement