Senin 18 Jun 2012 04:29 WIB

Dua Gol Ronaldo Pulangkan Belanda

Cristiano Ronaldo
Foto: Reuters/Marcos Borga
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, KHARKIV -- Cristiano Ronaldo menunjukkan keperkasaannya saat Timnas Portugal bersua Belanda di laga terakhir fase penyisihan Grup B Piala Eropa 2012, Senin (18/6) dini hari WIB. Sepasang gol yang dilesakan Ronaldo ke gawang Belanda di laga pamungkas tersebut, membuat Der Oranye harus mengemasi kopernya dan angkat kaki lebih cepat dari Polandia-Ukraina.

Dalam laga yang digelar di di Stadion Metalist, Kharkiv, Senin (18/6) dini hari WIB, Portugal sukses membuat Belanda bertekuk lutut 2-1. Duo gol Ronaldo itu pun mengantarkan Portugal melangkah ke fase perempat final sebagai runner up menemani Jerman yang sukses menekuk Denmark 2-1.

Sementara Der Oranye harus pulang lebih awal lantaran gagal meraih satu poin pundi grup neraka. Kekalahan tersebut juga menjadi hasil terburuk yang diraih Belanda pada ajang Piala Eropa sejak menjadi juara pada 1988 silam.

Tak hanya itu, hasil minor di Euro 2012 membuat Dewi Fortuna seolah pindah kewarganegaraan dari negeri kincir angin ke negeri sambanya Eropa alias Portugal.

Jalannya Pertandingan

Jika di Indonesia, Belanda terusir oleh bambu runcing dari para pejuang, di Polandia-Ukraina Belanda ditendang lewat aksi brilian Ronaldo. Megabintang Real Madrid berhasil menjadi mimpi buruk untuk meneer-meneer kompeni Belanda yang tampil kurang kompak.

Meski tampil mendominasi, Belanda terlihat tampil kurang kompak dan terlihat tak ada ghiroh di dalam diri para prajurit tim 'Oranye'. Di satu sisi, Portugal tampil percaya diri dengan memanfaatkan serangan balik untuk mencetak angka.

Belanda sebenarnya mengawali laga dengan cukup baik. Bahkan, pasukan Bert van Marwijk sempat lebih dulu unggul di menit ke-11 lewat sepakan melengkung Rafael Van Der Vaart. Gol itu mendongkrak semangat para punggawa Belanda untuk menggandakan kedudukan demi mempertahankan asa lolos ke fase perempat final.

Portugal sempat tak berkutik meladeni permainan cepat yang diperagakan Belanda. Tapi, itu hanya berlangsung sesaat. Pasalnya, Selecao berhasil keluar dari tekanan Belanda dengan memanfaatkan serangan balik cepat.

Terbukti beberapa kali Portugal sempat mengancam gawang Belanda yang dikawal Stekelenburg. Peluang emas sempat menyapa Ronaldo di menit ke-23. Sayang tandukannya masih bisa diamankan Stekelenburg. Usaha Portugal menyamakan kedudukan akhirnya tercapai lewat aksi Cristiano Ronaldo. Memanfaatkan umpan Jaoa Pereira, Ronaldo melakukan solo run sebelum melepaskan tembakan gleser yang tak bisa ditahan Stekelenburg.

Gol itu membuat Portugal menguasai permainan. Sementara Belanda yang tampil baik di 20 menit pertama, justru terlihat semakin tak kompak. Portugal lebih banyak mengancam gawang Belanda, sementara negeri kincir angin kesulitan membongkar barisan pertahanan Portugal yang dikomandoi Pepe.

Belanda kian tertekan setelah Ronaldo tampil trengginas usai mencetak gol. Beberapa kali pemain termahal di dunia itu mengancam gawang Belanda lewat aksi-aksinya. Sayang, sepakan keras dari jarak jauh hingga sundulan penyerang 27 tahun itu gagal menemui sasaran.

Ketidakhadiran Mark van Bommel, membuat lini tengah Belanda kalah superior dari Portugal yang tampil rancak. Luis Nani yang menjadi konduktor sukses memainkan perannya di lini tengah.

Hingga babak pertama usai, kedudukan 1-1 tidak berubah.

Di interval kedua, Belanda tampil kian tak percaya diri. Beberapa pemain Belanda terlihat grogi menghadapi gempuran para punggawa Portugal.

Di babak kedua, serangan Portugal kian bervariasi. Tidak hanya tertumpu pada Ronaldo, sejumlah peluang juga menyapa Nani dan Moutinho. Sayang, Stekelenburg tampil cukup baik mengawal gawang Belanda.

Serangan sporadis Portugal membuat Stekelenburg harus jatuh bangun mempertahankan gawangnya. Di menit ke-73 contohnya. Ia berhasil menggagalkan peluang emas Nani yang tinggal menceploskan bola setelah menerima umpan Ronaldo. Beruntung Stekelenburg tampil sempurna di bawah mistar.

Tapi petaka datang satu menit setelah peluang Nani berhasil digagalkan. Tepat pada menit ke-74, gawang Belanda kembali robek lewat aksi Ronaldo. Memanfaatkan umpan terobosan legit dari Nani, Ronaldo mengecoh bek Belanda sebelum melepaskan gol ke Stekelenburg. Portugal 2, Belanda 1

Gol Ronaldo kian membuat Belanda tertekan. Tapi tidak bagi Van Der Vaart. Gelandang Tottenham Hotspur itu tampil luar biasa di laga pertamanya menjadi starter di ajang Euro. Terbukti di menit ke-82 Van Der Vaart nyaris membuat skor kembali imbang jika saja tendangan jarak jauhnya tidak membentur tiang.

Belanda kian terbenam lantaran lini belakang Portugal tampil gemilang meredam gempuran barisan penyerang Belanda yang dihuni Arjen Robben, Wesley Sneijder, Robin van Persie; Klaas-Jan Huntelaar.

Tapi hingga peluit panjang ditiup, skor 2-1 untuk kemenangan Portugal tidak berubah. Kemenangan ini pun membuat Portugal merebut tiket ke perempat final sebagai runner up, mengingat Denmark kalah 1-2 dari tangan Jerman di laga Grup B lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement