Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tak Lagi 'Demam Panggung', Polandia Tahan Rusia 1-1

Wednesday, 13 June 2012, 03:55 WIB
Komentar : 0
AP Photo
 Pemain Polandia Jakub Blaszczykowski meluapkan kegembiraan setelah berhasil menciptakan gol penyelamat Polandia dari kekalahan atas Rusia dalam pertandingan lanjutan penyisihan Grup A.
Pemain Polandia Jakub Blaszczykowski meluapkan kegembiraan setelah berhasil menciptakan gol penyelamat Polandia dari kekalahan atas Rusia dalam pertandingan lanjutan penyisihan Grup A.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Tuan rumah Polandia tidak lagi ‘demam panggung’. Polandia berhasil keluar dari tekanan dan membuktikan mereka layak diperhitungkan setelah berhasil menahan imbang tim favorit Grup A, Rusia.

Secara keseluruhan permainan berlangsung imbang. Di pertengahan babak pertama, Polandia mampu memberikan tekanan tajam pada Rusia. Sedang sisanya, Rusia ganti menekan. Hasilnya Rusia berhasil unggul lebih dulu ketika Menit 38 Dzagoev berhasil menyarangkan bola.

Memasuki babak kedua, kedua tim kembali imbang dalam penguasaan bola. Namun serangan balik cepat Polandia membuyarkan target kemenangan Rusia dalam melanggengkan langkah mereka ke babak selanjutnya.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal pertandingan, Rusia tampak lebih mendominasi. Prediksi yang mengatakan lini tengah akan lebih dikuasai Rusia terbukti. Hingga menit kelima, berkali-kali Arshavin sebagai pengatur serangan berhasil mengirim umpan matang ke dua sayap Rusia.

Sementara Polandia juga terlihat telah lepas dari ‘Demam Panggung’ mereka. Di menit enam dan tujuh Polandia berhasil menciptakan peluang namun masih digagalkan kiper Rusia, Vyacheslav Malafeev.

Menit 10, Lewandowski sempat membahayakan gawang Rusia dengan tendakan first timenya. Namun tendangannya masih melambung tinggi.

Menit 17 Polanski sempat menyarangkan bola ke gawang Rusia. Namun gol ini dianulir setelah hakim garis mengangkat bendera menandakan Polanski berada dalam posisi offside.

Lewandowski memang patut disebut sebagai pemain paling bersinar Piala Eropa 2012 hingga saat ini. Pergerakannya di lini depan Polandia membuat repot pertahanan Rusia. Hingga menit 30 tercatat Lewandowski mendapat empat kali peluang. Tak jarang, karena begitu merepotkannya, Lewandowski kerap dijatuhkan pemain Rusia.

Namun setelahnya, serangan Polandia yang tadinya mengalir deras berangsur menurun. Hal ini langsung dimanfaatkan pasukan ‘Beruang Merah’ untuk menekan Polandia. Berkali-kali Rusia berhasil mengancam gawang Polandia.

Menit 38 publik Polandia pun tertegun kala Dzagoev dengan sundulan kepalanya berhasil merobek jala Przemysław Tyton. Dzagoev berhasil memaksimalkan tendangan bebas Arshavin yang membuat Tyton mati langkah.

Untuk sementara Polandia tertinggal dari Rusia 0-1.

Memasuki babak kedua, Rusia dan Polandia sama-sama belum melakukan pergantian pemain. Hal ini mengindikasikan kedua tim masih akan menekan. Hingga menit 50 Polandia berhasil dua kali menekan Rusia lewat Lewandowski. Namun kiper Rusia Vyacheslav Malafeev masih lebih cepat dari Lewandowski.

Akan tetapi hal berbeda terjadi di menit 57 ketika Błaszczykowski berhasil menyarangkan bola ke gawang Rusia. Błaszczykowski yang menerima umpan terobosan, dengan satu sentuhan berhasil melepaskan tendangan keras ke sisi kanan gawang Rusia.

Pergerakannya sangat baik sehingga tiga pemain bertahan Rusia gagal menutup tendangan kaki kirinya yang begitu keras.

Usai Polandia membuat imbang, tempo permainan kedua tim kembali meningkat. Silih berganti kedua tim saling menyerang. Polandia mulai melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti sementara Rusia terus mengandalkan kecepatan dua pemain sayapnya.

Selain tempo tinggi, permainan juga cenderung keras. Terhitung wasit Wolfgang Stark mengeluarkan kartu kuning sebanyak empat buah kepada Robert Lewandowski (menit 60),  Igor Denisov (menit 60), Alan Dzagoev (menit 75) dan Eugen Polanski (menit 79).

Memasuki menit 90 kedua tim masih terus mencoba menekan. Namun hingga tiga menit tambahan waktu diberikan, kedudukan masih imbang 1-1.

Redaktur : Hazliansyah
Dari Tsauban Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat/mengutuk orang yang menyuap, yang menerima suap dan orang yang menghubungkan keduanya.” ([HR. Ahmad dalam bab Musnad Anshar radhiyallahu ‘anhum])
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...