Rabu 13 Jun 2012 01:13 WIB

Republik Cheska Libas Yunani 2-1

Petr Jiracek melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Yunani di menit-menit awal pertandingan.
Foto: AP Photo
Petr Jiracek melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Yunani di menit-menit awal pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, WROCLAW -- Ajang piala Eropa 2012 memasuki putaran kedua babak penyisihan grup. Republik Cheska yang di pertandingan pertama tumbang dari Rusia 1-4, menghadapi Yunani yang di pertandingan pertama berbagi angka dengan Polandia 1-1. Pertandingan digelar di Stadion Miejski, Wroclaw, Selasa (12/6) malam WIB.

Republik Cheska berhasil melupakan kekalahan telak mereka dan memperbaiki pertahanan mereka yang begitu rapuh. Hasilnya, Petr Cech cs berhasil mengungguli Yunani dengan skor 2-1.

Hilangnya dua pilar utama pertahanan Yunani, Sokratis Papastathopoulos (mendapat kartu merah saat melakoni pertandingan pembuka melawan Polandia) dan Avraam Papadopoulos (yang harus pulang lebih dulu ke Yunani karena dibekap cedera) meninggalkan celah kosong di barisan belakang anak asuh Fernando Santos.

Republik Cheska lewat Petr Jiracek dan Tomas Rosicky memborbadir Yunani di sepanjang babak pertama. Di menit-menit awal pertandingan, Republik Cheska berhasil unggul 2-0 lewat gol Petr Jiracek dan Vaclav Pilar di menit tiga dan menit enam.

Unggul 2-0 membuat pelatih Republik Cheska Michal Bilek mengubah strategi di babak kedua. Bilek menarik keluar motor serangan Cheska, Rosicky yang mendapat kartu kuning dengan Kolar. Praktis Republik Cheska memperagakan strategi yang sama dengan pertandingan pertama mereka yang bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Strategi ini tidak sepenuhnya efektif. Sepanjang babak kedua, gantian Yunani yang menggempur habis Republik Cheska. Namun Dewi Fortuna lebih memilih Petr Cech cs. Tak ada serangan mematikan dari Yunani.

Gol Gekas di menit 53 juga terlahir setelah Petr Cech melakukan blunder.

Republik Cheska berhasil mengatasi Yunani 2-1.

Jalannya Pertandingan

Sejak pluit babak pertama dibunyikan, Republik Cheska langsung mengambil inisiatif serangan. Baru dua menit pertandingan berjalan, Republik Cheska berhasil membuka skor 1-0.

Petr Jiracek berhasil menyarangkan bola setelah menerima umpan terobosan dari Tomas Hubcsman sebelum akhirnya melepaskan tembakan menembus gawang Yunani yang dikawal Kostas Chalkias.

Belum cukup, Cheska kembali memperbesar jarak di menit enam. Adalah Pilar yang berhasil menyarangkan gol keduanya di turnamen ini. Berawal dari umpan silang Theodor Gebre Selassie, kiper Yunani Chalkias gagal memotong bola hingga akhirnya jatuh di kaki Vaclav Pilar. Republik Cheska unggul sementara 2-0.

Yunani yang terkejut dengan dua gol cepat Republik Cheska mencoba bangkit. Namun para pemain Cheska --yang telah unggul 2-0-- bermain lebih tenang dan berhasil menggagalkan serangan yang dibangun Yunani dari dua sayap mereka.

Menit 20, Yunani mencoba membongkar pertahanan ketat Republik Cheska lewat umpan-umpan panjang dari tengah lapangan.

Menit 40 Yunani mendapat peluang emas setelah Potakis berhasil menyarangkan bola lewat tandukannya. Namun gol ini dianulir wasit setelah hakim garis menilai Potakis berada dalam posisi offside. Hingga turun minum, Republik Cheska unggul sementara 2-0.

Memasuki babak kedua, Yunani memasukkan Gekas menggantikan Fotakis. Sementara di kubu Republik Cheska, pelatih Michal Bilek memasukkan Kolar yang menggantikan Rosicky.

Delapan menit pertandingan babak kedua berjalan, Yunani mampu memperkecil ketertinggalan setelah Gekas berhasil mencuri gol memanfaatkan kesalahan Petr Cech.

Hingga menit 60, ditariknya Tomas Rosicky membuat permainan Republik Cheska cenderung bertahan.

Alhasil, Yunani jadi mendominasi permainan. Berbagai peluang berhasil diciptakan Yunani. Namun Dewi Fortuna masih memihak Republik Cheska. Hingga menit 75 Republik Cheska masih unggul sementara 2-1.

Serangan balik yang coba diperagakan Cheska tidak terlalu berhasil. Tercatat, hingga menit 80, Cheska hanya dua kali memberi ancaman serius Yunani. Itupun selalu kandas di tangan kiper Yunani, Shifakis.

3 Menit perpanjangan waktu yang diberikan wasit S. Lannoy dari Spanyol tidak membuat kedudukan berubah.

2-1 untuk Republik Cheska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement