Selasa 12 Jun 2012 23:55 WIB

Babak I, Republik Cheska Ungguli Sementara Yunani 2-0

Petr Jiracek melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Yunani di menit-menit awal pertandingan.
Foto: AP Photo
Petr Jiracek melakukan selebrasi atas golnya ke gawang Yunani di menit-menit awal pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, WROCLAW -- Ajang piala Eropa 2012 memasuki putaran kedua babak penyisihan grup. Republik Cheska yang di pertandingan pertama tumbang dari Rusia 1-4 menghadapi Yunani yang di

pertandingan pertama berbagi angka dengan Polandia 1-1. Pertandingan digelar di Stadion Miejski, Wroclaw, Selasa (12/6) malam WIB.

Hilangnya dua pilar utama pertahanan mereka, Sokratis Papastathopoulos (mendapat kartu merah saat melakoni pertandingan pembuka melawan Polandia) dan Avraam Papadopoulos (yang harus pulang lebih dulu ke Yunani karena dibekap cedera) meninggalkan celah kosong di barisan belakang anak asuh Fernando Santos. Hasilnya, Republik Cheska yang telah melupakan kekalahan telak 1-4 mereka atas Rusia memborbardir pertahanan Yunani lewat Petr Jiracek dan Tomas Rosicky.

Sejak pluit babak pertama dibunyikan, Republik Cheska langsung mengambil inisiatif serangan. Baru dua menit pertandingan berjalan, Republik Cheska berhasil membuka skor 1-0.

Petr Jiracek berhasil menyarangkan bola setelah menerima umpan terobosan dari Tomas Hubcsman sebelum akhirnya melepaskan tembakan menembus gawang Yunani yang dikawal Kostas Chalkias.

Belum cukup, Cheska kembali memperbesar jarak di menit enam. Adalah Pilar yang berhasil menyarangkan gol keduanya di turnamen ini.

Berawal dari umpan silang Theodor Gebre Selassie, kiper Yunani Chalkias gagal memotong bola hingga akhirnya jatuh di kaki Vaclav Pilar. Republik Cheska unggul sementara 2-0.

Yunani yang terkejut dengan dua gol cepat Republik Cheska mencoba bangkit. Namun para pemain Cheska --yang telah unggul 2-0-- bermain lebih tenang dan berhasil menggagalkan serangan yang dibangun

Yunani dari dua sayap mereka.

Menit 20, Yunani mencoba membongkar pertahanan ketat Republik Cheska lewat umpan-umpan panjang dari tengah lapangan. Akan tetapi, sekali lagi, Cheska yang semakin percaya diri terus mampu mematahkan

gelombang serangan Yunani.

Menit 22 Yunani melakukan pergantian pemain. Penjaga gawang Kostas Chalkias yang mengalami cedera di paha kanan digantikan kiper nomor dua Yunani, Shifakis.

Memasuki menit 30 Yunani masih memperagakan umpan-umpan panjang mereka dari tengah lapangan. Yunani tidak mampu mengembangkan lini tengah yang didominasi Cheska. 

Menit 40 Yunani mendapat peluang emas setelah Potakis berhasil menyarangkan bola lewat tandukannya. Namun gol ini dianulir wasit setelah hakim garis menilai Potakis berada dalam posisi offside.

Hingga turun minum, Republik Cheska unggul sementara 2-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement