Selasa 12 Jun 2012 05:45 WIB

Libas Swedia 2-1, Gol Shevchenko Jadi Awal Kebangkitan Ukraina

Striker timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Swedia di laga Grup D Piala Eropa 2012 di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, pada Senin (11/6).
Foto: Reuters/Darren Staples
Striker timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Swedia di laga Grup D Piala Eropa 2012 di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, pada Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Mantan pemain terbaik Eropa asal Ukraina, Andrei Shevchenko, memutar ulang masa jayanya pada Senin waktu setempat, ketika dua golnya di babak kedua, menginspirasi tuan rumah Piala Eropa 2012 ini untuk bangkit dari ketertinggalan dan unggul 2-1 atas Swedia di pertandingan Grup D mereka.

Kapten Ukraina berusia 35 tahun ini menambah koleksi gol timnasnya menjadi 48 gol dari 148 penampilan internasional, melalui dua tandukan dengan rentang waktu tujuh menit - setelah sepakan Zlatan Ibrahimovic membuat Swedia memimpin pada menit ke-52.

Kemenangan ini membuat Ukraina - yang merupakan tuan rumah bersama turnamen ini, dengan Polandia - memuncaki klasemen setelah pertandingan lain di grup ini antara Prancis dan Inggris berakhir imbang 1-1.

Hanya terdapat sedikit indikasi akan terjadi "dongeng" saat di babak pertama Shevchenko terlihat kehilangan kecepatan, dan ketika ia berada di posisi bebas di sisi kanan kotak penalti, Shevchenko - yang sempat menderita cedera punggung pada tahun lalu - melepaskan tembakan yang masih melebar.

Ukraina mendapat peluang terbaiknya ketika pemain veteran lain, Andrei Voronin, memaksa Andreas Isaksson meninju bola untuk mengamankan gawangnya dari tembakan jarak jauh. Sementara satu peluang lain yang didapat pemain dari generasi yang lebih muda, Andrei Yarmolenko, juga digagalkan oleh kiper Swedia dari jarak dekat.

Bagaimanapun, Swedia semestinya dapat memecah kebuntuan di menit ke-40, ketika tandukan kapten Zlatan ibrahimovic masih melebar.

Ibrahimovic menggebrak pada menit ke-52, di saat seorang pemain Ukraina terbaring karena cedera, namun para pemain Swedia tetap meneruskan permainan.

Ukraina gagal mengamankan daerahnya, dan Kim Kallstorm mampu melepaskan diri dari pengawalnya, untuk menyambut umpan silang Sebastian Larsson, dan memberi umpan ke dalam area penalti pada Ibrahimovic, yang hanya menyepak pelan bola agar masuk ke gawang dan merayakan gol tersebut dengan gaya khasnya.

Gol tersebut tercipta setelah Swedia tampil menyerang setelah turun minum, dengan Markus Rosenborg mendapat peluang pertama.

Bagaimanapun keunggulan mereka hanya bertahan selama tiga menit. Yarmolenko mengirim umpan silang bagus ke dalam kotak penalti, dan Shevchenko mendahului penjaganya, veteran Olof Mellberg, untuk menanduk bola dengan keras ke dalam gawang.

Penonton, sang pencetak gol dan timnya bersuka cita, dan mereka semakin menggila tujuh menit kemudian, ketika tendangan sudut Oleg Gusev disambut sundulan Shevchenko yang dilepaskan dengan posisi di depan Ibrahimovic, kali ini sundulannya mengarah ke tiang dekat.

Penyerang karismatik ini berlari ke bangku pemain cadangan Ukraina, dan memeluk pelatihnya, Oleg Blokhin.

Swedia tetap menekan untuk mencari gol penyama kedudukan dengan Kallstorm mendapat peluang melalui sepakan dari luar kotak penalti yang gagal diamankan Andrei Pyatov, dan Ukraina beruntung karena Ibrahimovic tidak mampu menyambar bola muntah dengan sempurna.

Swedia kembali memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan di menit-menit akhir pertandingan, ketika umpan Ibrahimovic kepada Johan Elmander dituntaskan dengan tembakan yang melambung di atas mistar gawang Ukraina.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement