Sabtu 09 Jun 2012 17:00 WIB

Diisukan akan Gabung ke MU, Lewandowski Cuek

Robert Lewandowski
Foto: AP/Michael Sohn
Robert Lewandowski

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Striker Polandia Robert Lewandowski telah menjelma menjadi pemain yang mesti diwaspadai pada Piala Eropa 2012.

Kendati begitu, golnya ke gawang Yunani pada laga pembuka semalam tak menyembunyikan fakta bahwa hasil seri 1-1 yang didapat tuan rumah memesankan negeri ini harus bekerja keras lagi.

Bintang Borussia Dortmund berusia 23 tahun ini membuat pendukung Polandia berjingkrak dalam esktasi di National Stadium, Warsawa, yang berkapasitas 56.000 penonton setelah golnya memperdaya pertahanan Yunani.

Sundulannya di menit 17 memicu kenangan penontan akan kejayaan Polandia pada era 1970an dan 1980an, sementara dia sendiri didaulat menjadi "man of the match" untuk laga semalam.

"Pemain muda ini adalah salah seorang pemain yang harus diwaspadai di turnamen ini," kata mantan bintang Denmark Peter Schmeichel, yang menyerahkan anugerah "man of the match" itu.

Polandia akan berharap Lewandowski bersinar kembali Selasa nanti saat mereka menghadapi Rusia yang menghancurkan Republik Ceko 4-1 di pertandingan Grup A lainnya Jumat malam tadi.

Setelah laga di Warsawa nanti yang akan sedikit panas karena dibalut nuansa politik antara Polandia dan Rusia, Polandia akan menjajal Ceko di kota Wroclaw pada 16 Juni nanti.

Polandia sempat yakin menang setelah kekuatan Yunani berkurang menjadi 10 orang di akhir babak pertama, namun segera sirna setelah di babak 51 Dimitris Salpingidis berhasil memaksimalkan peluang akibat kesalahan lini belakang Polandia.

Lewandowski kabarnya tengah dibidik Manchester United, tetapi dia menyebutkan hal itu belum ada dalam pikirannya untuk saat ini. "Itu hanya spekulasi saja.  Selama Piala Eropa 2012 saya tak akan berkonsentrasi ke hal itu,"tegasnya. "Saya fokus total ke tim nasional dan apa yang mesti kami capai."

Kendati senang telah mencetak gol, dia menyebut hasil akhir telah menutup kecemerlangannya itu. "Saya menyesal kami tidak mampu mengambil keuntungan dari peluang yang kami dapat di babak pertama."

Sementara Pelatih Polandia Franciszek Smuda mengaku terhibur oleh poin yang Polandia dapatkan semalam. "Setidaknya kami tidak kalah.  Masih ada dua pertandingan. Kami haru memenangkan keduanya," katanya seperti dikutip AFP.

Lewandowski mengamini sang pelatih, "Saya yakin kedua pertandingan mendatang akan memperlihatkan bahwa pertandingan ini (semalam) hanyalah permulaan semata dan kami akan bermain seperti kami tampilkan di babak pertama."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement