Sabtu 09 Jun 2012 08:16 WIB

Cheska Akui Permainan Rusia Lebih Unggul

Michal Bilek, pelatih timnas Republik Ceska, berteriak memberikan instruksi pemainnya dalam laga lawan Rusia di laga Grup A Piala Eropa di Wroclaw, Polandia, Jumat (8/6).
Foto: Reuters/Dominic Ebenbichler
Michal Bilek, pelatih timnas Republik Ceska, berteriak memberikan instruksi pemainnya dalam laga lawan Rusia di laga Grup A Piala Eropa di Wroclaw, Polandia, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WROCLAW -- Pelatih Timnas Cheska Michal Bilek mengakui permainan operan bola Rusia merupakan faktor penting yang membuat timnya kalah 1-4 dari tim favorit di Grup itu, pada pertandingan pembuka Kejuaraan Eropa, Euro 2012, Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Meski mengawali pertandingan dengan baik, Cheska segera tertinggal dua gol dan walaupun mereka berupaya menyentak pada babak kedua, mereka menjadi pihak yang kalah saat peluit panjang berbunyi.

"Saya pikir kami memulai dengan baik pada 15 menit pertama, operan kami bagus dan kami menciptakan beberapa peluang namun tidak mampu menyelesaikannya," kata Bilek.

"Namun kemudian kami kehilangan bola dari area permainan lawan, mereka melakukan serangan balik dengan cepat, dan itu adalah kesalahan kami."

"Rusia merupakan tim yang benar-benar bagus, mereka memiliki kualitas. Kemudian saya memasukkan Tomas Hubschman (di masa turun minum) dan mencoba mengubah beberapa hal."

"Kami mencetak gol namun kembali kehilangan bola, kami kehabisan energi dan mereka menghukum kami atas hal itu, dan itu sebabnya skornya seperti ini."

Gol-gol dari Alan Dzagoev, dan Roman Shirokov membuat Schalke unggul 2-0 pada masa turun minum, dan meski Vaclav Pilar mampu memperkecil ketinggalan, gol-gol berikutnya dari Dzagoev dan ROman Pavlyuchenko membuat Ceko semakin terkubur.

Pada kenyataannya, penampilan menawan penyerang Zenit St Peterseburg, Alexander Kerzhakov, membuat Cheska kerap berada dalam ancaman."

"Kami memiliki masalah dengan kombinasi-kombinasi Rusia, mereka menciptakan begitu banyak peluang," tamnbah Bilek.

"Kami tidak berada dalam masalah yang terlalu besar, namun mereka bermain satu atau dua sentuhan, dan kami tidak mampu menmdapatkan bola , dan itu sebabnya mereka memiliki begitu banyak peluang."

"Kami memiliki masalah dengan Kerzhakov, yang bermain di sisi dan berhasil mendapatkan bola."

"Kami terlalu jauh darinya, kami memiliki tiga (pemain) di belakang, namun kami tidak berhasil menghentikannya."

"Itu bukan benar-benar kesalahan kami, kami kompak, namun mereka tetap membuat peluang, mengoper bola, dan kami tidak dapat mendekati mereka."

Kiper Chelsea, Petr Cech, mengatakan timnya telah membayar untuk awal bagus mereka. "Kami terbawa suasana dari memulai (pertandingan) dengan baik, dan oleh atmosfer dan kami ingin mencetak gol," ucapnya kepada televisi Cheska.

"Terdapat begitu banyak pemain kami di depan, dan itu membuka celah. Lawan-lawan kami unggul jumlah dari kami, dan dengan kualitas mereka, mereka menciptakan beberapa peluang, mencetak dua gol."

"Ketika kami kembali di babak kedua, saya yakin. Terdapat serangan-serangan dari kedua sisi, dan menyedihkan saat mereka memaksimalkan dua serangan sedangkan kami gagal mencetak gol pada pertandingan yang lain."

Pilar, yang akan bergabung dengan VfL Wolfsburg musim depan, terlihat lebih 'hidup' dari posisi melebar dan melakukan pergerakan tepat waktu saat dirinya hendak mencetak gol, dan melakukan penyelesaian akhir.

Namun ia mengatakan bahwa golnya tidak begitu berarti setelah timnnya kalah. "Saya tidak begitu bahagia dengan gol itu, sebab saya ingin menang," ucapnya. "Kami memulai dengan baik, dan ketika skor menjadi 2-1 saya bahagia dengan gol tersebut, namun kemudian kami kemasukan dua gol lagi dan saya tidak bahagia sekarang."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement