Sabtu 09 Jun 2012 03:56 WIB

Agresif, Rusia Cukur Cheska 4-1

Pemain timnas Rusia melakukan selebrasi usai menjebol jala Republik Ceska di laga Grup A Piala Eropa 2012 di Wroclaw, Polandia, Jumat (8/6).
Foto: AP/Antonio Calanni
Pemain timnas Rusia melakukan selebrasi usai menjebol jala Republik Ceska di laga Grup A Piala Eropa 2012 di Wroclaw, Polandia, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WROCLAW -- "Kami tim yang bagus, memiliki kualitas dan sangat penting bagi para pemain untuk memercayainya. Jadi, ya, jika kami tampil baik dan segala seuatu berjalan semestinya, kami adalah tim yang sangat berbahaya."

Ungkapan pelatih Rusia Dick Advocaat sebelum laga memang terbukti. Mereka memang tim berbahaya dengan berhasil mencukur Republik Cheska dengan skor cukup telak 4-1 dalam laga yang digelar di Stadion Municipal, Wroclaw, Polandia, Sabtu (9/6) dini hari WIB.

Rusia yang didominasi pemain muda menunjukkan kembali kebangkitan mereka. Arshavin berhasil menjadi inspirator serangan dengan umpan-umpan matangnya.

Sementara Republik Cheska harus mengakui bahwa barisan belakang mereka sangat rapuh. Berapa kali pemain Rusia dengan mudahnya menembus pertahanan Cheska.

Dengan hasil ini Rusia menduduki peringkat teratas klasemen sementara Grup A.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal pertandingan Rusia mencoba mengambil inisiatif serangan. Begitu peluit babak pertama dibunyikan, Dzageof melakukan serangan dari sisi kanan namun dapat dipatahkan dengan baik oleh pemain bertahan Ceko.

Menit 5 gantian Ceko yang melakukan serangan. Rezek yang melakukan gerak tipu dihadang dengan cukup keras oleh pemain Rusia. Tendangan bebas dimiliki Cheska namun peluang gagal dimanfaatkan.

Menit 14 Rusia mendapat tendangan sudut. Arshavin yang mengirim umpan ke tengah berhasil dipatahkan pemain Cheko. Baru di menit 15 Rusia benar-benar mengkonversi peluang menjadi gol. Gol berawal ketika Rusia yang membangun serangan dari sisi kiri pertahanan Cheska.

Konstantin Zyryanov yang menyisir sisi kiri Cheska melepaskan umpan matang yang disambut sundulan Aleksandr Kerzhakov. Sundulan Kerzhakov hanya menyentuh tiang gawang. Namun bola bergerak liar di depan gawang Cech. Kesempatan ini tidak disia-siakan Dzagoev yang muncul dan melepaskan tendangan keras ke sisi kanan gawang Cech.

1-0 untuk Rusia.

Unggul 1-0 membuat Rusia berada di atas angin. Rusia terus menggempur pertahanan Republik Cheska. Hasilnya, di menit 24 Rusia memperbesar keunggulan lewat gol yang disarangkan Shirokov. Andrey Arshavin mengirimkan umpan matang melewati barisan pertahanan Republik Cheska. Shirokov yang lolos dari jebakan offside kemudian berhadapan langsung dengan Cech.

Melihat Cech yang sedikir keluar dari sarang, Shirokov mencongkel bola melewati Cech yang mencoba menutup bola dengan menjatuhkan badan.

2-0 untuk Rusia. Skorini terus bertahan hingga pluit berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Di babak kedua Cheska yang ketinggalan 2-0 langsung mengambil inisiatif serangan. Bermain dari kaki ke kaki, Cheska mencoba mencari celah untuk menusuk jantung pertahanan Rusia.

Cheska akhirnya menemukan celah di barisan pertahanan Rusia. Menit 52, Pilar berhasil menyarangkan bola ke gawang Rusia.

Lubang di tengah pertahanan Rusia berhasil dimanfaatkan Vaclav Pilar yang lepas dari pertahanan Rusia dan dengan mudah melepaskan tendangan datar ke gawang setelah sebelumnya berhasil mengecoh kiper Rusia, Igor Akinfeev. Skor sementara 2-1.

Menit 62 giliran Rusia coba mengambil peluang dengan tendangan spekulasi. Arshavin mengirim bola ke Zyryanov yang berada di tengah kotak penalti Cheska kemudian melepaskan tendangan. Namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Cech.

Menit 63 Rusia kembali meraih peluang. Kerzhakov yang melepaskan diri berhasil berada di posisi sempurna untuk melepas tendangan. Namun lagi, sepakannya masih melebar. Begitu juga di menit 65, Rusia membangun serangan dari sisi kanan pertahanan Cheska. Namun umpan crossing yang dilepas berhasil dihalau pemain belakang Cheska.

Memasuki menit 70, pertandingan berjalan imbang. Kedua tim kerap jual-beli serangan namun belum ada yang membuahkan hasil. Menit 72 Republik Cheska menarik keluar Kerzhakoz dan memasukkan Pavlyuchenko.

Menit 74 Cheska menciptakan peluang. Rosicky melepaskan sepakan keras namun masih berhasil dibaca kiper Rusia Igor Akinfeev. Menit 74 Cheska mengganti Jiracek dengan Petrzela.

Menit 78 Rusia berhasil menambah keunggulan jadi 3-1. Gol kembali tercipta dari kaki Dzagoev. Roman Pavlyuchenko mengirimkan umpan terobosan ke Dzagoev yang diterukan dengan tendangan kerasnya menembus jala Petr Cech.

Belum cukup, Pavlyuchenko menambah keunggulan Rusia menjadi 4-1 di menit 82. Gol ini tercipta berkat keahlian Pavlyuchenko melewati menggocek 4 pemain bertahan Republik Cheska yang kemudian ia teruskan dengan tendangan keras dari sudut sempit dan bola mengalir deras ke ujung gawang sebelah kanan Petr Cech.

Skor pun tetap bertahan hingga babak kedua berakhir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement