Rabu, 23 Jumadil Akhir 1435 / 23 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Turun Minum, Polandia Masih Ungguli Yunani 1-0

Sabtu, 09 Juni 2012, 00:04 WIB
Komentar : 1
AP/Matt Dunham
Striker timnas Polandia, Robert Lewandowski, melakukan selebrasi usai menjebol jala Yunani dalam laga perdana Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).
Striker timnas Polandia, Robert Lewandowski, melakukan selebrasi usai menjebol jala Yunani dalam laga perdana Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Tuan rumah Polandia tampil memukau. Polandia berhasil mengunci permainan Yunani hingga tidak dapat mengembangkan pertandingan. Hingga turun minum, Polandia masih mengungguli Yunani sementara 1-0.

Timnas Polandia menandai dimulainya pesta sepakbola Eropa, Piala Eropa 2012 dengan melakoni pertandingan pertama melawan pasukan 'Setengah Dewa' Yunani di National Stadium Warsaw, Jumat (8/6) malam. Wasit asal Spanyol Carlos Velasco Carballo diutus memimpin pertandingan ini.

Di menit-menit awal kedua tim terlihat tampil hati-hati. Keduanya masih mencoba mencari celah. Namun dominasi awal pertandingan dipegang Yunani.

Menit 2 Polandia mencoba berganti mengambil alih serangan dari sisi kanan pertahanan Yunani. Bola yang kemudian dikirim ke mulut gawang Yunani masih berhasil diamankan penjaga gawang Yunani, Kostas Chalkias.

Satu kesempatan didapatkan Polandia saat terjadi kemelut di depan gawang Yunani. Murawski berhasil meleaskan tendangan namun Chalkias kembali melalukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola ke luar lapangan. Tendangan sudut pertama bagi Polandia.

Memasuki menit 5 Polandia terus mendominasi pertandingan. Polandia mulai menemukan pola permainannya yang dirancang dengan apik dari lapangan tengah.

Bukannya tanpa serangan, Yunani juga mencoba membangun serangan namun selalu kandas oleh barisan pertahanan apik Polandia. Memasuki menit 10, pertandingan masih berlangsung dalam tempo lambat.

Di menit 11 Yunani membuka peluang pertamanya. Berawal dari tendangan bebas, Fanis Gekas melakukan sundulan namun masih melebar ke sisi kanan Wojciech Szczesny.

Menit 14 giliran Polandia kembali menekan. Dari sisi kiri pertahanan Yunani, Polandia mendapat peluang emas. Lukas Piszczek menyapu dari sisi kanan untuk kemudian melepaskan umpan matang ke mulut gawang. Robert Lewandowski yang bersiap gagal menyambut bola yang hanya berjarak beberapa centimeter dari Lewandowski. .

Namun akhirnya sebuah kesempatan di menit 16 tidak disia-siakan Polandia. Polandia berasil menyarangkan bola.

Piszczek yang berhasil menyisir sisi kiri pertahanan Yunani kemudian melepaskan umpan matang. Lewandowski yang berhasil melepaskan diri menyambut umpan dengan tandukan keras ke sisi kanan Chalkias.

1-0 untuk Polandia.

Unggul 1-0 makin membuat Polandia percaya diri. Di menit 20, Polandia terus mendominasi permainan dengan membangun serangan kombinasi dari kedua sayap mereka. Menit 26 Polandia mendapat tendangan bebas, namun masih berhasil dihalau pemain belakang Yunani.

Yunani mencoba bangkit. Mereka mencoba mencari celah diantara ketatnya pertahanan Polandia. Di menit 28 Yunani akhirnya mendapat peluang tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Polandia. Namun Ninis yang melepaskan umpan --yang hanya berjarak dua meter dari garis peertahanan Polandia-- berhasil dimuntahkan pemain bertahan Polandia, Perquis.

Hingga menit 30 Yunani masih kesulitan menembus pertahanan Polandia. Pertarungan lini tengah masih dikuasai Polandia.

Menit 35, pemain Yunani Papastathopoulos menjadi orang pertama yang mendapat kartu kuning di Piala Eropa 2012 setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Polandia saat bertarung di udara.

Menit 37 Yunani melakukan pergantian pemain. A Papadopoulos keluar digantikan K. Papadopoulos setelah mengalami cedera di kaki kiri.

Tepat setelah K Papadopoulus memasuki lapangan Polandia kembali mendapat peluang. Perquis yang berhasil mengecoh pemain belakang mendapat posisi baik untuk melepaskan tendangan. Namun sayang sepakannya masih melebar.

Memasuki menit 40 Yunani makin kesulitan menembus pertahanan Polandia. Umpan-umpan yang dilepaskan dari sisi kanan selalu kandas berkat penampilan disiplin barisan pertahanan Polandia.

Menit 44 Yunani mendapat pukulan telak. Sokratis Papastathopoulos yang sebelumnya telah mendapat kartu kuning kembali diganjar kartu kuning kedua setelah menghambat laju Murawski.

Hal ini tidak hanya membuat Papastathopoulos jadi orang pertama yang mendapat kartu kuning, namun juga orang pertama yang mendapat kartu merah di Piala Eropa 2012.

3 menit berselang, Yunani kembali mendapat kartu kuning setelah Jose Holebas memprotes keras wasit yang tidak memberikan pelanggaran ketika salah satu pemain belakang Yunani melakukan hand ball di dalam kotak penalty.

Skor 1-0 pun terus bertahan hingga pluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

 

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?((QS Ar Rahman))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar