Jumat 08 Jun 2012 23:22 WIB

Menit 17, Polandia Unggul 1-0 Atas Yunani

Striker timnas Polandia, Robert Lewandowski (kiri), melepaskan sundulan untuk membawa timnya unggul sementara 1-0 dari Yunani di laga pembuka Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).
Foto: Reuters/Peter Andrews
Striker timnas Polandia, Robert Lewandowski (kiri), melepaskan sundulan untuk membawa timnya unggul sementara 1-0 dari Yunani di laga pembuka Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Timnas Polandia menandai dimulainya pesta sepakbola Eropa, Piala Eropa 2012 dengan melakoni pertandingan pertama melawan pasukan 'Setengah Dewa' Yunani di National Stadium Warsaw, Jumat (8/6) malam. Wasit asal Spanyol Carlos Velasco Carballo memimpin pertandingan ini.

Di menit-menit awal kedua tim terlihat masih tampil hati-hati. Keduanya mencoba mencari celah. Namun dominasi menit awal pertandingan dipegang Yunani.

Meski begitu Polandia mencoba mengambil alih serangan dari sisi kanan pertahanan Yunani. Bola yang kemudian dikirim ke mulut gawang yunani masih berhasil diamankan penjaga gawang Yunani, Kostas Chalkias.

Satu kesempatan didapatkan Polandia saat terjadi kemelut di depan gawang Yunani. Murawski berhasil meleaskan tendangan namun Chalkias kembali melalukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola ke luar lapangan. Tendangan sudut pertama bagi Polandia.

Memasuki menit kelima, Polandia terus mendominasi pertandingan. Polandia mulai menemukan pola permainannya yang dirancang dengan apik dari lapangan tengah.

Bukannya tanpa serangan, Yunani juga mencoba membangun serangan namun selalu kandas oleh barisan pertahanan apik Polandia. Memasuki menit 10, pertandingan masih berlangsung dalam tempo lambat.

Di menit 11 Yunani membuka peluang pertamanya. Berawal dari tendangan bebas, Fanis Gekas melakukan sundulan namun masih melebar ke sisi kanan Wojciech Szczesny.

Menit 14 giliran Polandia kembali menekan. Dari sisi kiri pertahanan Yunani, Polandia mendapat peluang emas.

Lukas Piszczek menyapu dari sisi kanan kemudian melepaskan umpang matang ke mulut gawang. Robert Lewandowski yang bersiap gagal menyambut bola yang terbang hanya beberapa centimeter dari kepalanya.

Namun kesempatan di menit 16 tidak disia-siakan Polandia. Polandia berasil menyarangkan bola. Umpan silang Piszczek berhasil disambut Lewandowski dengan tandukan keras ke gawang Chalkias.

1-0 untuk Polandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement