Jumat 08 Jun 2012 19:13 WIB

Pemain Belanda Dengar Suara Kera Saat Berlatih?

Rep: Nur Farida/ Red: Yudha Manggala P Putra
Timnas Belanda saat jalani latihan
Timnas Belanda saat jalani latihan

REPUBLIKA.CO.ID, KRAKOW -- Beberapa pemain timnas Belanda mendengar suara mirip kera dari kerumunan penonton yang menyaksikan sesi latihan di stadion Wisla Krakow, Rabu (6/6) lalu.

Kapten tim Oranye, Mark van Bommel dikabarkan telah memberikan laporan tentang kejadian tersebut pada petugas ofisial Belanda seusai sesi latihan yang disaksikan oleh sekitar 30.000 penonton. 

Meskipun sang pelatih, Bert van Marwijk dan ofisial lain tidak mendengar suara yang dimaksud van Bommel, tetapi pengakuan dari beberapa pemain cukup meyakinkan bahwa tindakan rasis tersebut memang terjadi.

“Beberapa pemain benar-benar mendengar suara yang menyerupai suara kerumunan kera. Karena itulah para pemain berpindah ke sisi lain lapangan,” kata juru bicara timnas Belanda, seperti dilansir laman Reuters, Jumat (8/6).

Asosiasi sepakbola Belanda belum melayangkan protes resmi kepada UEFA terkait tindakan rasis yang menimpa para pemainnya. Meskipun demikian, UEFA akan mengevaluasi prosedur operasional pertandingan demi melindungi pesepakbola yang berlaga di Piala Eropa 2012.

“Tidak ada toleransi jika tindakan diskriminasi terjadi di tengah pertandingan. Wasit berhak menghentikan pertandingan saat itu juga”, tulis UEFA di halaman resminya, Jumat (8/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement