Selasa 05 Jun 2012 19:39 WIB

Jangan Remehkan Ukraina di Piala Eropa

Andriy Shevchenko (tengah)
Foto: Reuters
Andriy Shevchenko (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Bintang veteran Ukraina, Andriy Shevchenko, menepis kekhawatiran mengenai kesiapan timnya untuk kejuaraan Piala Eropa. Saat ini hanya sepekan tersisa sebelum salah satu tuan rumah itu menjalani pertandingan pembuka.

Kapten Ukraina berusia 35 tahun itu mengatakan timnya sebaiknya tidak dihakimi terlalu kasar, atas kekalahan 2-3 dari Austria pada pertandingan persahabatan terakhir. "Persiapan kami untuk Euro berjalan sesuai rencana, dan hasil pertandingan persahabatan tidak begitu penting," kata Shevchenko.

"Baik kemenangan 4-0 atas Estonia atau kekalahan di Innsbruck sama sekali tidak dihitung." "Austria tentu saja memiliki tim yang lebih berkelas dibanding lawan kami sebelumnya, Estonia, dan tentu saja itu berdampak baik pada performa maupun hasil."

"Kami memainkan pertandingan di Innsbruck setelah menjalani persiapan fisik yang berat, sedangkan (tim) tuan rumah dipersiapkan dengan cepat untuk pertandingan itu dan terlihat lebih segar," dalih Shevchenko.

"Kami menderita secara fisik dan memiliki beberapa masalah dengan keputusan yang dibuat di akhir pertandingan. Itu menjadi jelas di saat-saat akhir setelah kami menyamakan skor menjadi 2-2." imbuhnya.

Pemain terbaik Eropa 2004 ini mengatakan hanya pertandingan-pertandingan resmi di Euro 2012,yang akan memperlihatkan apakah timnya siap untuk turnamen itu. "Kami tidak melakukan persiapan khusus untuk pertandingan-pertandingan persahabatan," ucapnya.

"Pertandingan-pertandingan itu diperlukan pelatih kami untuk mendapatkan informasi dan untuk menggambarkan kesimpulan agar dapat mempersiapkan tim untuk turnamen dengan tepat." ujarnya lagi. "Saya yakin hanya pertandingan pembuka kompetisi dengan Swedia pada 11 Juni yang akan merefleksikan kondisi mental dan fisik kami dalam turnamen."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement