Selasa 05 Jun 2012 03:30 WIB

Kostum Tandang Timnas Belanda Dikritik Johan Cruijff

Nigel de Jong, gelandang timnas Belanda, mengenakan jersey timnas warna hitam.
Foto: mcfc.co.uk
Nigel de Jong, gelandang timnas Belanda, mengenakan jersey timnas warna hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Jelang Piala Eropa 2012 yang akan berlangsung di Polandia dan Ukraina 8 Juni mendatang, masing-masing negara peserta telah mengeluarkan kostum timnasnya. Tak terkecuali Timnas Belanda.

Meski masih mengusung warna kebesarannya Oranye, Timnas Belanda juga mengeluarkan kostum tandang yang berwarna hitam, dengan ditambah warna oranye. Untuk kostum tandang ini, warna hitam lebih mendominasi ketimbang warna Oranye.

Karena dominasi warna hitam itu lah yang membuat legenda Belanda Johan Cruijff mengkritik habis-habisan. "Saya memang tidak suka warna hitam," ujarnya membuka serangan.

"Apa yang salah dengan warna oranye? Tidak ada tim lain yang menggunakan warna ini. Jadi kita bisa selalu menggunakan warna tersebut," dalih Johan Cruijff.

"Bagi penonton, dari tribune, dengan latar belakang lapangan rumput yang berwarna hijau, kostum warna hitam memang tampak mencolok. Tapi, bagi pemain sepakbola di lapangan, latar belakang adalah tribune, yang berwarna gelap. Jadi, dengan latar belakang seperti itu, sulit bagi pemain untuk melihat posisi rekan pemain lainnya di lapangan," tandas mantan legenda Belanda itu.

sumber : ANP/RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement