Sabtu 02 Jun 2012 11:38 WIB

Piala Eropa Sepekan Lagi, Ceska Kalah Menyakitkan di Uji Coba

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jan Rezek (kanan), pemain timnas Republik Ceska, berebut bola dengan Roland Juhasz dalam laga uji coba lawan Hungaria di Praha pada Jumat (1/6).
Foto: Reuters/Petr David Josek
Jan Rezek (kanan), pemain timnas Republik Ceska, berebut bola dengan Roland Juhasz dalam laga uji coba lawan Hungaria di Praha pada Jumat (1/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Ceska menghadapi krisis. Lewat laga uji coba, Hungaria memberikan peringatan keras kepada Republik Ceska untuk berbenah diri menjelang perhelatan Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, yang tinggal sepekan lagi. Hungaria mempermalukan Ceska, 2-1, di depan belasan ribu publik tuan rumah yang memenuhi Generali Arena, Praha, Sabtu (2/6) dini hari.

Dalam laga ini, Ceska tidak diperkuat kapten Tomas Rosicky yang masih harus menjalani perawatan. Pelatih Ceska Michal Bilek memberikan ban kapten untuk sementara kepada sang kiper, Petr Cech.

Terus menekan sepanjang laga para pemain Ceska malah harus menanggung malu di depan publik sendiri. Tuan rumah tertinggal lebih dahulu pada menit keenam.

Sebuah pelanggaran di luar kotak penalti, berbuah tendangan bebas untuk tim tamu. Saat pagar betis belum tertata rapi, Striker Hungaria, Balazs Dzsudzsak menyadari tendangan bebas sudah bisa dilakukan.

Ia pun melepaskan tendangan bebas ke sudut gawang Petr Cech. Kiper utama Chelsea tersebut tampak kaget lantaran belum siap mengamankan gawangnya. Bola meluncur deras ke gawang tanpa bisa dijangkau.

Sebelas menit berselang, keberuntungan berpihak ke Ceska. Pergerakan Milan Baros yang menusuk ke kotak penalti lawan, mendorong kapten Hungaria, Roland Juhasz yang harus menyelamatkan teritorinya, menjatuhkan penyerang Galatasaray tersebut.

Bola sebenarnya dibuang dengan sempurna, namun aksi Juhasz dianggap wasit sebagai pelanggaran.  Bek Bayer Leverkusen, Michal Kadlec yang menjadi algojo dengan tenang menceploskan bola tanpa bisa dicegah Adam Bogdan. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Persentase penguasaan bola yang dilakukan tuan rumah tercatat 70 persen. Namun, saat terus mengurung lini belakang Hungaria, Ceska lupa untuk menjaga pertahanannya. Pada menit ke-88, sebuah umpan lambung  yang diterima oleh pemain pengganti, Adam Gyurcso dari Dzsudzsak, dieksekusi dengan baik dan gagal dihalau Cech.  Kekalahan menyakitkan tersebut disesali para pemain yang tampak tak percaya dengan hasil menyakitkan tersebut.

Ceska sudah menyelesaikan laga persahabatannya dan kini mereka bersiap untuk bertolak ke Polandia. Dalam laga perdana Grup A, Peter Cech dkk bakal menghadapi Rusia pada 9 Juni mendatang di Municipal Stadium, Wroclaw. Kontestan lainnya adalah tuan rumah, Polandia dan juara Piala Eropa 2004, Yunani.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement