Rabu 30 May 2012 17:42 WIB

Ronaldo: Bukan Favorit di 'Grup Neraka,' Itu Lebih Baik

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Yudha Manggala P Putra
Cristiano Ronaldo
Foto: Reuters/Jose Manuel Ribeiro
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, LEIRIA -- Para pemain bintang akan mengisi skuat tim nasional Portugal di Piala Eropa mendatang. Namun itu belum menjadi jaminan bagi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mampu melenggang dengan mudah dari fase grup.

Di Ukraina-Polandia, Portugal langsung mendapat ujian berat karena berada di ‘grup neraka’. Cristiano Ronaldo cs bergabung bersama finalis Piala Dunia 2010, Belanda, runner-up Piala Eropa 2008, Jerman, dan juga Denmark. 

Di babak kualifikasi, Denmark mampu membuat skuat Seleccao das Quinas harus meraih jatah tiket ke putaran final melalui jalur play-off. “Saya tahu kami bukan menjadi favorit dan itu lebih baik,” ujar Ronaldo, seperti dilansir Daily Mail, awal pekan ini.

Hasil di babak kualifikasi memang hampir saja membuat Portugal terancam gagal lolos ke Piala Eropa. Beruntung skuat asuhan pelatih Paulo Bento mampu bangkit dan mengandaskan Bosnia Herzegovina di babak play-off dengan aggregat 6-2. 

Namun selepas itu, Portugal meraih hasil kurang memuaskan. Ronaldo cs hanya bisa bermain imbang melawan Polandia 0-0 dalam laga persahabatan. Hasil yang sama terulang ketika Seleccao menjamu Makedonia akhir pekan lalu.

Dua kali hasil imbang tentu bukan modal yang bagus jelang putaran final Juni mendatang. Terlebih Portugal akan melakoni lawan-lawan yang kualitasnya terbilang lebih mumpuni. Portugal akan melakoni laga perdana di putaran final melawan Jerman pada 9 Juni. Namun terlepas dari hasil mengecewakan sebelumnya, Ronaldo tetap percaya diri di Ukraina-Polandia. “Akan terjadi laga yang sangat berat, tapi saya percaya diri kami bisa meloloskan diri dari fase grup,” ujar bintang Real Madrid itu.

Ronaldo memiliki keyakinan timnya bisa melangkah lebih jauh. Namun ia memperkirakan tidak akan banyak terjadi kejutan di Piala Eropa kali ini. Menurutnya, Spanyol sebagai juara bertahan tetap menjadi favorit untuk bisa mempertahankan gelarnya. Apalagi tidak banyak perubahan terjadi dalam skuat La Furia Roja.

“Spanyol sangat kuat dan ada beberapa tim di belakangnya yang juga tangguh, jadi saya kira tidak akan banyak kejutan,” ujar pemain yang membawa Portugal menjadi finalis Piala Eropa 2004 itu.

Sebelum melakoni laga perdananya di Grup B, rencananya Portugal akan terlebih dulu melakukan laga persahabatan melawan Turki pada 2 Juni mendatang. Pertandingan itu bisa menjadi kesempatan Ronaldo dan kawan-kawan untuk kembali menguji kekuatannya sebelum berlaga di turnamen sebenarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement