Rabu 13 Jun 2012 12:19 WIB

Transformasi Trofi Henri Delaunay

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Trofi henry Delaunay
Foto: UEFA
Trofi henry Delaunay

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Iker Cassilas menjadi kapten tim pertama yang mengangkat trofi Henri Delaunay versi baru saat Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 di Austria dan Swiss. Empat tahun lalu, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) merasa versi asli lambang supremasi sepakbola benua biru itu sudah terlalu kekecilan.

Terbuat dari perak sterling, versi terbaru trofi itu 18 centimeter lebih tinggi dan dua kilogram lebih berat dari versi aslinya. Perubahan ukuran dan kualitas trofi itu dimaksudkan untuk lebih merefleksikan gengsi dan skala turnamen terakbar Eropa itu sebagai event olahraga terbesar di dunia.

Trofi Piala Eropa didesain oleh Arthus Bertrand pada tahun 1960 silam. Pertama kali diberi nama Henri Delaunay sebagai penghormatan terhadap sekertaris jenderal pertama UEFA itu. Henri adalah penggagas pertama diadakannya turnamen antarnegara Eropa dengan mendirikan UEFA pada 15 Juni 1954.

Tanggung jawab pembuatan versi asli trofi Piala Eropa diserahkan kepada Pierre Delaunay, anak dari Henri. Henri Delaunay sendiri meninggal dunia pada tahun 1955 sebelum turnamen yang digagasnya terwujud. 

Untuk menghormati jasanya, UEFA akan terus mempertahankan desain asli trofi Henri Delaunay segabai lambang supremasi sepakbola Eropa.

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement