Kamis 21 Jun 2018 21:40 WIB

Penonton Asal Cina Habiskan Rp 6,45 Triliun di Rusia

Sebanyak 4.000 wisatawan Cina tiba di Rusia dalam satu hari.

Wisatawan Cina (Ilustrasi)
Foto: Google
Wisatawan Cina (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Agen perjalanan pariwisata Ctrip menyatakan bahwa Piala Dunia 2018 Rusia menarik minat 100 ribu penggemar sepak bola dari Cina yang menghabiskan uang 3 miliar RMB (Rp 6,45 triliun) dengan asumsi setiap orang mengeluarkan sedikitnya 30 ribu RMB. Menurut Ctrip, saat ini terdapat 20 kali penerbangan langsung dari Cina menuju Rusia dalam sehari.

Platform agen perjalanan terbesar berbasis daring yang berkantor pusat di Shanghai itu, Kamis (21/5), memperkirakan 4.000 wisatawan Cina tiba di Rusia dalam satu hari. Selama Piala Dunia di Rusia yang digelar pada 14 Juni-15 Juli 2018, sebanyak 5.000 penggemar sepak bola dari Cina membeli paket perjalanan melalui Ctrip. Angka itu lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Dari laporan People Daily, jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei FIFA menyebutkan bahwa 87 persen responden dari Cina menyatakan keinginanannya menonton Piala Dunia, lebih banyak daripada responden dari Rusia, Brasil, Italia, dan Amerika Serikat.

Kebijakan bebas visa lebih memudahkan perjalanan menuju Rusia. Apalagi Cina menjadi sumber utama wisatawan bagi Rusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia memberikan kebijakan bebas visa kepada wisatawan Cina yang berangkat berkelompok.

Selama berlangsungnya Piala Dunia, beberapa wisatawan yang mendapatkan tiket pertandingan bisa langsung mendapatkan bebas visa ke Rusia. Penerbangan Cina-Rusia ditambah pada tahun ini untuk mengatasi lonjakan permintaan. Jadwal penerbangan langsung dari beberapa kota di Cina, seperti Xi'an, Nanchang, Guiyang, dan Fuzhou menuju Moskow dan St Petersburg ditambah.

Pemandu wisata Rusia pun banyak menerima permintaan. Wisatawan Cina senang mempelajari budaya dan sejarah Rusia termasuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Tim nasional Cina gagal lolos ke putaran Final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah anak asuh Marcello Lippi disisihkan Korea Selatan dan Iran di babak kualifikasi Asia Grup A.



sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement