Ahad 17 Jun 2018 13:00 WIB

Jalan Sehat Menuju Fan Fest di Moskow

Fan Fest disediakan bagi fan yang tidak memiliki tiket pertandingan Piala Dunia.

Rep: Citra Listiyarini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Suasana nonton bareng pertandingan di Fan Fest.
Foto: Republika/Citra Listyarini.
Suasana nonton bareng pertandingan di Fan Fest.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Citra Listya Rini dari Moskow, Rusia.

MOSKOW -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyediakan tempat berkumpulnya penggemar sepak bola yang tidak memiliki tiket masuk ke stadion bernama Fan Fest. Layar raksasa sengaja disiapkan oleh FIFA di lokasi ini agar suporter bisa tetap menonton pertandingan tim-tim kesayangan berlaga di Piala Dunia 2018.

Tentu saja keberadaan Fan Fest ini sangat disukai para penggila sepak bola yang berada di negeri Beruang Merah. Terutama bagi fan yang tidak memiliki tiket menyaksikan tim kebanggaannya berlaga di stadion. Selain harga tiket mahal, perkara keterbatasan tiket yang dilepas FIFA menjadi alasan para suporter memadati Fan Fest.

Salah satu Fan Fest yang saya datangi berlokasi di dekat Moscow State University, Moskow. Membaca informasi di laman resmi FIFA sejak di Jakarta, tentu saja Fan Fest masuk dalam agenda liputan saya.

photo
Suasana penggemar menonton pertandingan bola di Fan Fest.


Setibanya di Moskow, saya pun langsung mencari akses transportasi menuju Fan Fest yang selalu ada setiap gelaran Piala Dunia. Setelah bertanya ke mesin Google, saya pun mendapatkan informasi lengkap menuju lokasi Fan Fest yang berdekatan dengan Moscow State University.

Saya menempuh perjalanan dengan metro dari Stasiun Varshavsky menuju Stasiun Vorobyovy Gory. Setibanya di Stasiun Vorobyovy Gory, mata saya pun langsung dimanjakan oleh pemandangan cantik Sungai Moskow. Pun, kemegahan Stadion Luzhniki terlihat dari jauh. Rasa lelah berdiri selama menaiki metro pun sejenak terobati.

Sukarelawan dan petugas kepolisian pun dengan ramah menunjukkan arah Fan Fest kepada fan yang baru turun dari metro. Kaki saya pun terus melangkah. Selama 10 menit pertama, saya mulai berpikir kenapa belum nampak juga keberadaan Fan Fest, yang ada justru pepohonan rindang bak hutan kota yang dilengkapi jalan setapak turun naik.

photo
Berjalan kaki menuju Fan Fest di dekat Moscow State University. Waktu tempuh sekitar 25 menit dari Stasiun Vorobyovy Gory.


Kaki saya pun mulai terasa lelah dan nafas sedikit terengah-engah mencari lokasi Fan Fest. Apalagi sebelumnya saya sudah pergi ke tempat liputan lain yang jaraknya cukup jauh satu sama lain. Fan lainnya pun saya lihat mulai terlihat lelah berjalan sehingga sebagian memilih istirahat sejenak.

Hampir 25 menit berjalan akhirnya terlihat keberadaan Fan Fest. Perjuangan berjalan selama 25 menit pun terbayar karena indahnya pemandangan kota Moskow dari depan pintu masuk Fan Fest. Banyak fan yang berfoto selfie atau memotret kecantikan kota Moskow dari ketinggian.

Saya sedikit tergoda, tapi karena kelelahan saya memilih langsung masuk arena Fan Fest. Para suporter pun harus melewati pemeriksaan barang sebelum masuk arena Fan Fest. Dengan teliti satu per satu tas suporter dicek petugas, termasuk pintu detektor.

photo
Saya menyempatkan berswafoto di depan gerbang Fan Fest di dekat Universitas Moskow.


Tulisan "Selamat Datang" menyambut kedatangan para fan di Fan Fest. Di dalam ternyata sudah banyak sekali fan yang berkumpul sambil duduk santai menikmati hiburan musik penyanyi Rusia. Ada juga sebagian fan yang bermain sepak bola. Atau sekadar ngobrol membahas pertandingan. Kegiatan berfoto sudah pasti dilakukan hampir semua penggemar berlatar belakang panggung dan layar raksasa.

photo
Sebagian fan bermain sepak bola di Fan Fest.


Fan Fest di dekat Moscow State University ini memang luas sekali. FIFA mengklaim sebanyak 40 ribu fan bisa ditampung untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018. Jalan sehat saya pun berakhir dengan keceriaan bersama para penggila sepak bola lainnya di Fan Fest.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement