Sabtu 16 Jun 2018 20:34 WIB

Messi, Alasan Fan Datang ke Stadion Spartak

Suporter Messi yang datang ke Spartak Stadion bukan hanya warga Argentina.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Ratna Puspita
Para penggemar Lionel Messi memberikan dukungan untuk Argentina di Stadion Spartak, Moskow, Rusia, Sabtu (16/6).
Foto: Republika/Citra Listya Rini
Para penggemar Lionel Messi memberikan dukungan untuk Argentina di Stadion Spartak, Moskow, Rusia, Sabtu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW  --  Sosok pesepak bola Lionel Messi terkenal seantero jagad. Pemain asal Argentina tersebut memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. 

Fanatisme tinggi seorang penggemar terhadap Messi pun saya jumpai di Stadion Spartak, Sabtu (16/6). Mereka mengelu-elukan nama pesepak bola berpostur tubuh mungil itu menjelang kick-off pertandingan antara Argentina dan Islandia pada Piala Dunia 2018. 

Berjumpa dengan suporter Messi asal Argentina tentu bukan hal yang aneh. Mereka menggilai sosok Messi. Rata-rata, jersei tim Tango yang mereka kenakan bernomor punggung 10 dan bertuliskan nama Messi. 

"Kami datang ingin melihat Messi membawa Argentina menang dan akhirnya menjuarai Piala Dunia 2018," kata Miguel kepada Republika.co.id di luar Stadion Spartak. 

Wajar Miguel menyukai Messi karena mega bintang klub Barcelona itu selalu mencatatkan prestasi di lapangan hijau. Messi mencetak prestasi bersama timnya ataupun secara individual. Sebut saja penghargaan Ballon d'Or dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang lebih dari satu jumlahnya. 

Suporter Messi yang datang ke Spartak Stadion ternyata bukan hanya warga Argentina. Warga Rusia juga beberapa orang saya jumpai mengidolai La Pulga. Bahkan, mereka juga mengenakan jersey Messi. 

Mereka membaur dengan fan asal Argentina. "Messi adalah sosok pesepak bola fenomenal jadi sayang sekali tidak melihatnya langsung di Spartak Stadion. Saya sudah lama menyukai gaya permainannya," kata Sergey. 

Saya juga berjumpa fan dari Cina yang rela terbang ke Rusia untuk melihat langsung sosok Messi. Chen begitu pria itu menyebut dirinya mengaku sudah lama menyukai Messi. Apalagi dia adalah fan berat dari klub Barcelona. 

"Saya ingin sekali melihat Messi bermain bersama Argentina di Piala Dunia 2018. Karena itu saya bela-belain pergi ke Rusia," ujar Chen. 

Beberapa pendukung asal Brasil juga datang ke Stadion Spartak untuk melihat langsung aksi Messi. Menurut Fabian, Messi ibarat merek dagang global dunia sepak bola, jadi siapapun tertarik untuk melihat aksinya. Lagipula, kata Fabian, Messi adalah orang Amerika Latin yang sama seperti dirinya.

Baca Juga: Messi: Masa Depan Saya Tergantung Penampilan Argentina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement