Selasa 19 Jun 2018 14:26 WIB

Perjuangan Mpok Remps Menuju Fan Fest

Harus jalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai Fan Fest di Moskow.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Joko Sadewo
Suasana nonton bareng pertandingan di Fan Fest.
Foto: Republika/Citra Listyarini.
Suasana nonton bareng pertandingan di Fan Fest.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW  --  Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyediakan tempat berkumpulnya penggemar sepak bola yang tidak memiliki tiket masuk ke stadion bernama Fan Fest. Layar raksasa sengaja disiapkan oleh FIFA untuk memanjakan fan menyaksikan pertandingan tim-tim kesayangan berlaga di Piala Dunia 2018.

Tentu saja keberadaan Fan Fest ini sangat disukai para penggila sepak bola yang berada di negeri Beruang Merah. Terutama bagi fan yang tidak memiliki tiket menyaksikan tim kebanggaannya berlaga di stadion. Selain harga tiket yang mahal, perkara keterbatasan tiket yang dilepas FIFA menjadi alasan para suporter memadati Fan Fest.

Salah satu Fan Fest yang Mpok Remps datangi berlokasi di dekat Moscow State University, Moskow. Ketika Mpok Remps tiba di Moskow, Mpok Remps pun langsung mencari akses transportasi menuju Fan Fest yang selalu ada setiap gelaran Piala Dunia.

Sukarelawan dan petugas kepolisian pun dengan ramah menunjukkan arah Fan Fest kepada fan yang baru turun dari kereta metro. Kaki Mpok Remps pun terus melangkah.

Selama 10 menit pertama, Mpok Remps mulai berpikir kenapa belum nampak juga keberadaan Fan Fest, yang ada justru pepohonan rindang bak hutan kota yang dilengkapi jalan setapak turun naik.

Kaki pun mulai terasa lelah dan nafas sedikit terengah-engah mencari lokasi Fan Fest. Fan lainnya pun Mpok Remps lihat mulai terlihat lelah berjalan sehingga sebagian memilih istirahat sejenak.

Hampir 25 menit berjalan akhirnya terlihat keberadaan Fan Fest. Perjuangan berjalan selama 25 menit pun terbayar karena indahnya pemandangan kota Moskow dari depan pintu masuk Fan Fest. Banyak fan yang berfoto selfie atau memotrer kecantikan kota Moskow dari ketinggian.

Saya sedikit tergoda, tapi karena kelelahan saya memilih langsung masuk arena Fan Fest. Para suporter pun harus melewati pemeriksaan barang sebelum masuk arena Fan Fest.

Tulisan "Selamat Datang" menyambut kedatangan para fan di Fan Fest. Di dalam ternyata sudah banyak sekali fan yang berkumpul sambil duduk santai menikmati hiburan musik penyanyi Rusia. Ada juga sebagian fan yang bermain sepak bola. Atau sekadar ngobrol membahas pertandingan. Kegiatan berfoto sudah pasti dilakukan hampir semua penggemar berlatar belakang panggung dan layar raksasa.

Fan Fest di dekat Moscow State University ini memang luas sekali. FIFA mengklaim sebanyak 40 ribu fan bisa ditampung untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018. Jalan sehat Mpok Remps pun berakhir dengan keceriaan bersama para penggila sepak bola lainnya di Fan Fest.

Biar gak penasaran ini Mpok Remps mengirimkan video perjuangan menuju Fan Fest untuk pembaca Republikbola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement