Sabtu 12 Jul 2014 20:55 WIB

Laga Demi Harga Diri

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Timnas Brasil
Foto: Reuters/David Gray
Timnas Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Suasana di kamp latihan Brasil berubah ceria ketika seseorang datang. Dengan sedikit tertatih, Neymar untuk pertama kalinya kembali ke Teresopolis setelah mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Neymar mengalami cedera tulang belakang cukup parah ketika membela Brasil pada laga perempat final kontra Kolombia. Akibat cedera itu, ia harus absen saat Brasil dicukur 1-7 oleh Jerman di semifinal.

Ia berharap, kehadirannya bisa membangkitkan semangat rekan-rekannya untuk mendapatkan kembali kehormatan Selecao pada laga perebutan tempat ketiga, Ahad (13/7). Laga di Stadion Nasional Brasilia, Brasilia, bisa menjadi obat pelipur duka bagi publik Brasil.

Namun, laga itu juga bisa memperdalam luka yang didapat dari Jerman seandainya Selecao tak mampu menundukkan perlawanan Belanda. Sebab, Neymar belum bisa bermain pada laga nanti.

"Neymar menjalani pemulihan dengan baik dan akan melanjutkan pemulihannya di Barcelona," demikian pernyataan otoritas sepak bola Brasil seperti dilansir laman resmi FIFA.

Tanpa Neymar, Brasil masih akan kesulitan dalam meningkatkan efektifitas serangan. Namun, setidaknya suporter Selecao kini bisa berharap timnya tidak akan kebobolan banyak gol lagi.

Kapten Thiago Silva sudah bisa bermain setelah menjalani skors satu pertandingan. "Kami harus menghormati Belanda dengan memberikan permainan terbaik," ujar pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari.

Suasana berbeda terlihat di kamp latihan Belanda. Tim polesan Louis Van Gaal itu tak terlalu antusias dengan laga kontra Brasil. Menurut Van Gaal, laga perebutan tempat ketiga hanyalah buang-buang waktu.

"Potensi terburuknya, Anda bisa kalah dua kali beruntun," ungkap Van Gaal. Arsitek usia 62 tahun itu mengatakan Belanda sudah bermain begitu bagus sejauh ini dengan mencapai semifinal dan hanya kalah oleh Argentina melalui adu penalti.

Menurut dia, capaian seperti ini sudah cukup membanggakan bagi timnya untuk pulang ke kampung halaman. Namun, kebanggaan itu bisa hancur apabila sesuatu yang buruk terjadi pada laga perebutan tempat ketiga nanti.

Dalam situasi seperti ini, Van Gaal memilih untuk menyikapi laga nanti dengan tanpa beban. Ia mengisyaratkan akan memainkan sejumlah nama yang biasa menghias bangku cadangan sebagai starter.

Ia disebut bakal menurunkan Michel Vorm di bawah mistar serta Joel Veltman di jantung pertahanan menggantikan Ron Vlaar yang cedera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement