Rabu 09 Jul 2014 05:37 WIB

Menang 7-1, Jerman Buat Brasil Menangis

Rep: c84/ Red: Hazliansyah
Kiper timnas Brasil Julio Cesar gagal menghadang tendangan pemain Jerman Toni Kroos di babak semifinal Piala Dunia 2014.
Foto: AP Photo
Kiper timnas Brasil Julio Cesar gagal menghadang tendangan pemain Jerman Toni Kroos di babak semifinal Piala Dunia 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, BELO HORIZONTE -- Entah apa perasaan Pelatih Brasil Luiz Scolari menyaksikan anak asuhnya 'dibantai' oleh Jerman dalam laga semifinal di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu (9/7) dini hari ini.

Brasil awalnya tampil dengan penuh percaya diri meski tanpa dua pemain andalannya, Thiago Silva dan Neymar. Namun, petaka dimulai di menit ke-11 ketika Thomas Mueller membuka pesta gol Der Panzer.

Mueller memanfaatkan kelengahan barisan belakang Brasil yang lalai menghalau tendangan penjuru Toni Kroos. Mueller tanpa ampun melepaskan tendangannya yang tak mampu dihalau kiper Brasil, Julio Cesar.

Tertinggal satu gol membuat Brasil semakin bernafsu menyamakan kedudukan. Namun sayangnya Stadion Mineirao yang mayoritas diisi oleh pendukung tuan rumah kembali terdiam setelah Miroslav Klose berhasil menggandakan keunggulan Jerman di menit ke-23. Gol ini juga membawa nama Klose sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia dengan 16 gol melewati legenda Brasil, Ronaldo.

Buruknya koordinasi lini pertahanan yang ditinggal Thiago Silva menjadi keuntungan bagi Jerman. Pasukan Joachim Loew hanya butuh waktu satu menit untuk memperlebar keunggulan menjadi 3-0 melalui gol Toni Kroos.

Penderitaan Brasil tak berhenti sampai disini. Kroos lagi-lagi membobol gawang Brasil selang dua menit. Pertandingan untuk Brasil sepertinya telah berakhir seusai Sami Khedira menambah penderitaan Brasil lewat gol-nya pada menit ke-29. Hingga turun minum skor tak berubah 5-0 untuk keunggulan Jerman.

Scolari harus memutar otak untuk dapat menemukan solusi dari 'kehancuran' timnya di babak pertama. Selepas jeda, Scolari menarik keluar Hulk dan Fernandinho untuk digantikan Ramires dan Paulinho. Namun perubahan ini tidak berarti banyak bagi Brasil. Justru Jerman-lah yang lebih baik dalam melakukan pergantian pemain.

Andre Schuerrle yang masuk menggantikan top skor Piala Dunia, Miroslav Klose, menghadirkan mimpi buruk bagi selecao. Dua golnya di menit ke-69 dan 79 semakin membenamkan Brasil. Tertinggal tujuh gol dengan sepuluh menit waktu tersisa semakin Brasil bermain seperti tak terarah.

Meski terus menyerang, kegigihan Manuel Neuer dalam menjaga gawangnya membuat frustasi skuat asuhan Luiz Scolari tersebut. Jerman hampir kembali menambah keunggulan jika tendangan Mesut Oezil tidak mampu dihalau Julio Cesar.

Tepat menit ke-90, akhirnya Brasil berhasil mencetak gol hiburan setelah sepakan Oscar tak dapat dibendung Neuer yang tampil apik sepanjang laga.

Dengan hasil ini, Jerman akan bertemu pemenang antara Argentina vs Belanda yang akan berlangsung Kamis (10/7) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement