Sabtu 05 Jul 2014 10:40 WIB

Catatan Menarik Iringi Kemenangan Brasil

Rep: C84/ Red: Didi Purwadi
Bek Brasil, David Luiz, meluapkan emosinya usai mengalahkan Kolombia 2-1 di laga perempat final Piala Dunia 2014 di Arena Castelao, Fortalez, Jumat (4/7).
Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo
Bek Brasil, David Luiz, meluapkan emosinya usai mengalahkan Kolombia 2-1 di laga perempat final Piala Dunia 2014 di Arena Castelao, Fortalez, Jumat (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, FORTALEZA -- Brasil berhasil mengunci satu tempat di semifinal Piala Dunia 2014 setelah mampu menekuk Kolombia dengan skor 2-1 pada laga yang dihelat di Stadion Castelao, Fortaleza, Sabtu (5/7) dini hari WIB.

Dua gol yang mengantar Selecao ke babak semifinal diciptakan oleh kedua bek tengahnya Thiago Silva dan David Luiz. Dengan hasil ini, Brasil akan bertemu wakil Eropa, Jerman, yang berhasil menyingkirkan wakil Eropa lainnya, Prancis, lewat gol tunggal Mats Hummels.

Ada beberapa catatan menarik yang dihimpun Goal usai laga Brasil kontra Kolombia, antara lain:

Brasil telah mencapai fase semifinal Piala Dunia sebanyak 11 kali. Thiago Silva telah mencetak gol ketiganya bagi Brasil yang sekaligus jadi gol pertamanya di ajang turnamen akbar internasional. Tiga dari empat gol terakhir Brasil di Piala Dunia berawal dari sepak pojok.

Neymar (empat gol, satu assist) adalah pemain Brasil pertama yang terlibat dalam lima gol timnya sejak Piala Dunia 2002. Assist Neymar kepada gol Thiago Silva merupakan assist pertamanya bagi Brasil di Piala Dunia 2014.

Di babak pertama laga Brasil kontra Kolombia, sudah terjadi 26 pelanggaran. Brasil hanya kalah sekali dalam 16 laga terakhir di mana mereka mencetak gol lebih dulu (menang 13, imbang 2).

David Luiz adalah pemain pertama Brasil sejak 2002 yang mampu mencetak gol lewat tendangan bebas langsung di Piala Dunia. Pemain terakhir yang mampu melakukan hal itu sebelum Luiz adalah Ronaldinho dalam pertandingan melawan Inggris.

James Rodriguez adalah pemain pertama sejak Piala Dunia 2002 (Ronaldo, delapan gol) yang mampu mencetak lebih dari lima gol dalam satu Piala Dunia. Di turnamen ini, Rodriguez telah mencetak 6 gol.

James Rodriguez mencetak lebih banyak gol di PIala Dunia 2014 (Enam gol), dibandingkan dengan total gol Kolombia di Piala Dunia 1994 dan 1998 (lima gol).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement