Sabtu 28 Jun 2014 06:00 WIB

FIFA Terkejut Demam Piala Dunia Tembus AS

Rep: C71/ Red: Esthi Maharani
Timnas AS
Timnas AS

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Demam Piala Dunia ternyata mampu menjangkiti masyarakat Amerika Serikat (AS). Sepakbola di negeri Paman Sam memang bukan olahraga favorit ketimbang Basket, Baseball, atau //American Football//.

Kabar ini juga cukup mengejutkan FIFA sekaligus menggembirakan mengingat AS adalah pangsa pasar yang sulit mereka tembus.

"Peringkat TV (untuk Piala Dunia) di beberapa negara jauh lebih tinggi dibandingkan 2010. Tak hanya di negara (penggemar) sepakbola tapi juga di AS yang kami anggap sebagai pencapaian unik," kata Sekretaris Jendral FIFA, Jerome Valcke seperti dikutip //Reuters//.

Valcke menyebut demam Piala Dunia yang melanda AS luar biasa. Lebih dari 18,2 juta penduduk AS menonton pertandingan negaranya melawan Portugal yang berakhir imbang 2-2 pada Ahad (22/6).

Hasil itu sukses memecahkan rekor penonton sepakbola di AS. FIFA bahkan mengklaim angka itu lebih tinggi dari jumlah penonton partai final NBA.

Presiden AS, Barack Obama bahkan terpotret sedang menonton partai AS melawan Jerman di atas //Air Force One//. Bintang dunia hiburan seperti Rihanna dan Justin Timberlake juga kedapatan meramaikan Piala Dunia di jagad Twitter.

Meski kalah 0-1 melawan Jerman di pertandingan terakhir grup G, AS berhak lolos ke babak perdelapan final karena unggul selisih gol. Saat ini AS menjalani putaran final Piala Dunia yang ketujuh secara beruntun. Capaian ini hanya bisa diimbangi oleh tim-tim kuat di dunia sepakbola Brasil, Jerman, Italia, Argentina, Spanyol, dan Korea Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement