Senin 16 Jun 2014 09:00 WIB

Kejutan Sang 'Kuda Hitam' Kosta Rika

Rep: C79/ Red: Didi Purwadi
Joel Campbell
Foto: Reuters
Joel Campbell

REPUBLIKA.CO.ID, FORTALEZA -- Kosta Rika berhasil memutarbalikan prediksi ketika membungkam tim kuat Uruguay pada laga perdananya di Grup D di Stadion Castelao, Fortaleza, Ahad (15/6). Tidak tanggung-tanggung, tiga gol Kosta Rika hanya mampu dibalas Uruguay satu gol, itu pun melalui tendangan penalti.

Kosta Rika sebenarnya sempat kebobolan terlebih dahulu melalui penalti Edinson Cavani pada menit 24. Namun, mereka sanggup bangkit dan membalikkan keadaan lewat aksi-aksi Joel Campbell (54), Oscar Duarte (57) dan Marcos Urena (84).

Derita Uruguay semakin lengkap setelah Maxi Pereira dikartu merah akibat pelanggaran terhadap Campbell pada masa injury time. Kemenangan bersejarah ini tentu disambut gembira oleh kubu Kosta Rika, tak terkecuali sang pelatih Jorge Luis Pinto.

"Mereka (para pemain Kosta Rika) bermain sangat baik dan menciptakan peluang melawan tim yang sangat tangguh," ujar Pinto seusai laga tersebut seperti dilansir Espnfc.

Pria asal Kolombia ini mengatakan kepada anak asuhnya agar tampil tenang menghadapi tekanan dan tidak terpengaruh prediksi publik yang lebih menjagokan Uruguay.

"Kami sangat menghormati Uruguay, tapi kami tidak merasa terkesan dengan hasil ini,'' katanya. ''Kami mampu bermain sesuai yang kami inginkan. Jadi, ini adalah kemenangan yang besar untuk kami."

Bintang pada pertandingan tersebut, Joel Campbell, merasa sangat gembira dengan hasil yang dipetik timnya kontra Uruguay. Namun, ia mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak tenggelam dalam euforia dan fokus untuk menghadapi laga selanjutnya melawan Italia.

"Kemenangan ini bukanlah suatu kejutan. Kami datang ke Brasil memang untuk menang dan terus mendapat poin," ujarnya pada laman resmi FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement