Kamis 12 Jun 2014 17:59 WIB

Pirlo: Inggris Akan Kebingungan Hadapi Italia

Rep: c71/ Red: Bilal Ramadhan
Andrea Pirlo
Foto: AP
Andrea Pirlo

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Tim Nasional Italia benar-benar serius menghadapi partai pertama mereka di Piala Dunia 2014 menghadapi Inggris. Gelandang Gli Azzurri, Andrea Pirlo mengatakan timnya akan terus merotasi susunan pemain tengah untuk membuat Inggris kebingungan menebak pola permainan Italia.

Kedua tim akan bertarung pada Ahad (15/6) pukul 04.00 WIB di Arena da Amazonia, Manaus. The Three Lions, julukan tim Inggris, memang mengusung misi balas dendam untuk mengalahkan Italia. Pada Euro 2012 lalu, Inggris harus terhenti di perempat final karena kalah melawan Italia lewat proses adu penalti.

Italia yang terkenal dengan sepakbola pragmatis justru tampil lebih menyerang kala itu. Sedangkan penyerang-penyerang Inggris justru kewalahan menghadapi tembok tebal Azzurri.

"Kami mengerti Inggris adalah tim yang luar biasa dengan banyak pemain muda tapi kami juga telah mempelajari gaya permainan mereka beberapa hari terakhir," kata Pirlo seperti dikutip Football Italia.

Pemain yang memiliki akurasi luar biasa dalam memanfaatkan bola mati ini mengakui gaya permainan kedua tim memang berbeda. Pemain yang saat ini bermain untuk klub Juventus itu mengaku ada formasi baru yang dicoba pada latihan Rabu (11/6) di kamp latihan Italia, Mangaratiba, Rio de Janeiro.

Pelatih Cesare Prandelli mencoba menggunakan format 4-1-3-1-1 dengan meletakkan Daniele De Rossi lebih ke belakang untuk menjadi jangkar pertahanan. Sedangkan, Pirlo akan berdampingan dengan Marco Verratti guna membentuk //playmaker// ganda. Uji coba ini dilakukan untuk mengatasi Inggris yang kemungkinan akan mengawal ketat Sang Metronom Italia itu di Manaus nanti.

"Kami mencoba untuk melakukan hal baru dengan meletakkan jangkar di depan pemain bertahan dan dua pengatur serangan maju ke depan agar  lebih bebas," kata pemain berusia 35 tahun itu.

Dalam sistem tersebut, akan terjadi banyak rotasi. Seketika pemain tengah akan ikut maju menyerang namun di waktu lain Pirlo dapat kembali ke posisi klasiknya untuk melepaskan umpan panjang terukur. Rotasi ini diyakini akan membuat lawan terus kebingungan. Menurut Pirlo, seluruh pemain menyukai opsi ini dan akan bekerja keras untuk menyempurnakannya terus.

Menurut Pirlo, semua sistem akan berjalan baik jika diimbangi dengan penampilan yang juga menawan. Banyak taktik yang bisa digunakan namun semua itu tergantung bagaimana seseorang menafsirkan pola permainan.

"Semua orang yang bisa bermain bola dapat bermain dengan pemain lain. Jadi sama sekali tidak ada masalah dengan Verratti," kata Pirlo.

Pertandingan di Manaus Ahad nanti akan menguji ketahahan kedua tim menghadapi iklim tropis Brasil. Menurut Pirlo, baik Italia maupun Inggris sama-sama akan menghadapi kondisi panas. Italia mempersiapkan hal tersebut dengan mengatur makanan dan asupan cairan yang cukup untuk membantu pemain tetap fit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement