Selasa 20 May 2014 08:40 WIB

Pakistan Pasok Bola untuk Piala Dunia

Rep: Muthia Ramadhani/ Red: Taufik Rachman
Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014.
Foto: AP/Victor R. Caivano
Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keterlibatan Pakistan di Piala Dunia 2014 tahun ini di Brasil terbilang mengejutkan, meski bukan karena keterampilan bermain tim nasionalnya. Ya, Pakistan melalui industrinya akan bergabung dengan Cina sebagai pemasok utama bola untuk Piala Dunia di bawah merek resmi Adidas.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (20/5), lebih dari tiga ribu bola 'Bracuza' akan digunakan dalam turnamen yang akan berlangsung selama satu bulan mulai 12 Juni mendatang. Bola buatan Pakistan ini akan diproduksi di Sialkot, pusat manufaktur olah raga utama Pakistan.

Perwakilan bisnis di sana mengaku mereka melihat tingginya permintaan di tengah pertumbuhan ekonomi yang membaik, sehingga bisa lebih kompetitif dari Tiongkok. Di gerbang pabrik Forward Sports di Pakistan, setiap pukul 08.00 para pekerja mengantre menunjukkan kartu karyawan mereka.

"Kami tidak mempekerjakan karyawan di bawah 15 tahun," demikian tulisan yang terpampang di gerbang pabrik. Para pekerja itu diberikan upah bulanan minimal 10 ribu rupee atau 102 dolar AS. Upah mereka itu memang masih lebih rendah dibandingkan harga sebuah bola Bracuza di Inggris atau Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement