Kamis 08 May 2014 17:47 WIB

Brasil Minus Kaka dan Ronaldinho di Piala Dunia 2014

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Citra Listya Rini
Ricardo Kaka saat berkostum timnas Brasil
Ricardo Kaka saat berkostum timnas Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari, akhirnya mengumumkan daftar skuat Brasil di Piala Dunia 2014. Dalam 23 pemain di skuat Brasil, Big Phil, julukan Scolari, lebih memilih untuk menyertakan pemain muda ketimbang pemain-pemain yang pernah berlaga di Piala Dunia pada edisi sebelumnya. 

Scolari memilih tidak menyertakan Kaka dan Robinho, yang sempat menjadi andalan tim Samba di Piala Dunia 2002. Tidak hanya itu, Scolari juga tidak memasukan nama Ronaldinho, yang tampil apik dan berhasil mengantarkan Brasil sukses merengkuh trofi Piala Dunia 2002. Namun, pelatih berusia 65 tahun itu memiliki alasan tersendiri.

''Kehadiran pemain-pemain muda menciptakan lingkungan yang bagus, karena mereka selalu bertekad memberikan yang terbaik. Terkadang lebih mudah bekerja dengan pemain-pemain muda daripada dengan pemain-pemain yang lebih berpengalaman,'' kata Scolari di sesi konferensi pers dalam peluncuran skuat Brasil seperti dikutip ESPN, Kamis (8/5).

Tidak hanya Kaka, Robinho, dan Ronaldinho, pelatihi berusia 65 tahun itu juga meninggalkan Lucas Moura dan Alexandre Pato. Sementara, Scolari mempercayakan dua tempat di skuat Brasil untuk Oscar dan Neymar. Kedua gelandang berusia 22 tahun itu akan menjadi pemain muda yang diandalkan Scolari dalam gelaran Piala Dunia 2014 mendatang. 

Di skuat Brasil kali ini, Scolari hanya menyertakan enam pemain yang pernah memperkuat Brasil di gelaran Piala Dunia sebelumnya, yaitu Julio Cesar, Silva, Alves, Maicon, dan Ramires di Piala Dunia 2010, sedangkan Fred, yang pernah menghuni tim Samba pada Brasil 2004, kembali dipanggil usai absen di Piala Dunia 2010. Scolari pun cukup yakin dengan keputusannya ini.

''Saya kira kurangnya faktor pengalaman bermain di Piala Dunia sebelumnya tidak akan memainkan peranan penting. Para pemain kami telah mendapatkan pengalaman berharga di kompetisi-kompetisi Eropa, jadi saya kira, mereka tidak akan terpengaruh oleh hal itu. Saya pun memiliki kepercayaan penuh terhadap para pemain,'' ungkap eks pelatih Chelsea tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement