Selasa 08 Jul 2014 23:11 WIB

King James Idola Piala Dunia 2014

Rep: C79/ Red: Didi Purwadi
James Rodriguez
Foto: Reuters/Jorge Silva
James Rodriguez

REPUBLIKA.CO.ID, FORTALEZA -- Penggemar sepakbola mana yang tak kenal dengan sosok James Rodriguez saat ini? Punggawa timnas Kolombia ini tampil memukau membela negaranya sepanjang gelaran Piala Dunia 2014.

Memang langkah Kolombia di ajang tersebut hanya sampai babak perempat final. Namun, satu hal yang mengesankan, Kolombia termasuk salah satu tim yang mampu mencatatkan rekor kemenangan 100 persen sejak babak grup dimulai. Dalam perjalanan itu, King James menyajikan performa menawan dengan selalu mencetak gol di setiap pertandingan.

Para pendukung timnas Kolombia seolah telah melupakan sosok hebat Radamel Falcao yang batal tampil karena masalah cedera. Seat ini mereka telah mendapatkan idola baru dalam sosok anak muda bernama lengkap James David Rodríguez Rubio.

Rodriguez adalah salah satu pemain yang bersinar di Piala Dunia tahun ini. Dengan tambahan satu gol di laga terakhir Kolombia menghadapi tuan rumah Brasil, pemain AS Monaco ini total telah mengoleksi enam gol dan dua assist sampai babak perempat final.

Tak pelak, Rodriguez pun bertengger sebagai pencetak gol terbanyak sementara mengungguli nama besar seperti Lionel Messi, Neymar dan Karim Benzema. Seperti dilansir laman resmi FIFA, torehan ciamik tersebut sekaligus membuat Rodriguez menjadi pemain termuda kedua setelah Pele yang mampu mengoleksi enam gol di Piala Dunia.

Jika Rodriguez melakukannya pada usia 22 tahun 357 hari, Pele melakukan hal yang sama pada Piala Dunia 1958 dalam usia 17 tahun 249 hari. Selain itu, Rodriguez adalah pemain pertama yang mampu mencetak lebih dari lima gol di Piala Dunia setelah terakhir kali diukir oleh mantan bomber timnas Brasil, Ronaldo, pada 2002 lalu yang mencetak delapan gol sekaligus meraih predikat topskorer.

Koleksi enam gol Rodriguez ini jauh lebih banyak dari perolehan total gol Kolombia di Piala Dunia 1994 dan 1998. Jika digabungkan, Kolombia cuma mencetak lima gol pada Piala Dunia 1994 dan 1998.

Tidak berhenti sampai disitu, Rodriguez juga mencatatkan namanya sebagai pemain yang mencetak gol di lima laga beruntun Piala Dunia. Raihan ini sekaligus melewati torehan yang dibuat Ronaldo dan rekannya di timnas Brasil, Rivaldo, yang selalu mencetak gol dalam empat laga awal Piala Dunia.

Sedangkan rekor mencetak gol secara beruntun paling banyak dalam pertandingan Piala Dunia masih dipegang oleh Just Fontaine (Prancis) yang selalu mencetak gol dalam enam pertandingan beruntun di Piala Dunia 1958. Pemain lain yang juga berhasil melakukannya adalah Jairzinho (Brasil) di Piala Dunia 1970.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman, bahkan tanpa ragu menyebut Rodriguez sebagai simbol dari Piala Dunia 2014.

"James Rodriguez adalah simbol dari Piala Dunia ini dan itu membuat fakta tersingkirnya kami makin sulit diterima," ujar Pekerman kepada Football-Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement