Sabtu 19 Apr 2014 16:00 WIB

Penyelamatan Gemilang Gordon Banks

Rep: C61/ Red: Didi Purwadi
Gordon Banks (kiri) melakukan aksi penyelamatan gemilang.
Foto: www.dailymail.co.uk
Gordon Banks (kiri) melakukan aksi penyelamatan gemilang.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Inggris pernah mempunyai kiper hebat di era tahun 1970-an, yakni Gordon Banks. Masyarakat sepak bola dibuat tercengang oleh aksinya. Saat itu ia menepis sundulan Pele di Piala Dunia 1970 dan itu dinobatkan sebagai penyelamatan gemilang abad 20.

Penyelamatan tersebut terjadi saat putaran Piala Dunia 1970 di Meksiko. Juara bertahan Inggris satu grup dengan Brasil, Rumania dan Cekoslovakia di Grup 3. Setelah menang 1-0 atas Rumania di pertandingan pembuka, Inggris meladeni juara dua kali Piala Dunia, Brasil.

Pertandingan antara Inggris dengan Brasil dihelat di Estadio Jalisco (Guadalajara). Pele cs memaksa Inggris bermain cepat. Berawal dari serangan umpan kapten Carlos Alberto ke Jairzinho, sayap kanan Brasil itu bergerak cepat menyisir sisi kiri pertahanan Inggris.

Kemudian setelah melewati bek Inggris Terry Cooper, Jairzinho melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Pele melompat menyambut umpan Jairzinho dengan sundulan keras mengarah ke sudut kanan bawah gawang Banks.

Melihat 100 persen gol bola yang ia sundul, Pele spontan mengangkat kedua tangannya dan bersiap untuk melakukan selebrasi sambil meneriakkan “gol”. Namun, Banks mampu memutarbalikkan badan sambil melempar jauh-jauh tubuhnya ke kanan.

Hanya beberapa sentimeter bola akan melewati garis gawang. Namun, Banks mampu menjangkau bola dan menepisnya sehingga tidak terjadi gol.

Namun, Brasil berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1-0. Jairzinho sukses menjebol gawang Banks di menit 59.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement