Kamis 24 Apr 2014 08:04 WIB

Karyawan Jerman Diizinkan Terlambat ke Kantor Selama Piala Dunia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Piala dunia 2014
Foto: AP
Piala dunia 2014

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman, negara yang secara stereotipe dikenal karena efisiensi waktu mereka di tempat kerja, akhirnya memberikan sedikit keluwesan bagi seluruh karyawannya sepanjang Piala Dunia pada musim panas tahun ini. Ya, seluruh karyawan diizinkan untuk sedikit terlambat ke kantor setelah menonton pertandingan Piala Dunia 2014.

Hal itu karena rata-rata pertandingan tim nasional sepak bola di Brasil digelar di atas pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Keputusan ini didorong oleh kesepakatan antara serikat pekerja dan banyak pengusaha besar.

"Ini adalah satu kebijakan mulia yang diberikan majikan mereka jika mereka menunjukkan sedikit fleksibilitas selama Piala Dunia," kata salah seorang Kepala Serikat Pekerja Surat Kabar Bild di Jerman, dilansir dari Metro.uk, Kamis (24/4).

Sejumlah perusahaan bahkan sudah menyusun jadwal pergeseran (shift) baru untuk beberapa staf yang akan dimulai dari pukul 06.00 pagi seperti biasanya. Jika ada pertandingan sepak bola di atas pukul 22.00 waktu setempat, maka karyawan boleh sedikit terlambat ke kantor.

Jadwal baru karyawan ini akan diumumkan dalam beberapa pekan ke depan. Masyarakat tak lupa berterima kasih kepada perdana menteri mereka, Angela Merkel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement