Kamis 10 Apr 2014 07:26 WIB

Amankan Piala Dunia, Polisi Brasil Gunakan Topeng Darth Vader

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih
Topeng Darth Vader yang dikenakan polisi Brasil untuk mengamankan Piala Dunia 2014
Foto: www.laht.com
Topeng Darth Vader yang dikenakan polisi Brasil untuk mengamankan Piala Dunia 2014

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Kepolisian Brasil yang mendapat tugas untuk melakukan patroli dan penjagaan selama Piala Dunia 2014 akan mengenakan tambahan alat khusus. Alat itu berupa topeng pelindung wajah yang terinspirasi dari karakter Darth Vader dari film populer Star Wars.

Topeng Darth Vader itu sengaja didisain untuk memberikan efek pikologi. Seperti melindungi petugas dari serangan gas. Topeng ini juga membuat wajah petugas tahan terhadap cuaca bertemperatur panas dengan kaca depan antikabut dan pengeras suara.

Topeng Darth Vader ini sudah ditampilkan perdana di LAAD International Public and Corporate Security Fair di Rio De Janeiro. Topeng ini diprioritaskan untuk polisi antihuru-hara dalam menghadapi pengunjuk rasa yang mungkin saja muncul di tengah perhelatan Piala Dunia tahun ini.

"Perusahaan sengaja mengimpor khusus topeng ini dari Amerika Serikat (AS). Di sana topeng ini diproduksi," ujar perwakilan Welster Itage, perusahaan yang menjadi distributor topeng ini, dilansir dari Fox News, Kamis (10/4).

Perusahaan telah mendistribusikan 1.500 topeng Darth Vader. Sedangkan sisanya sebanyak 3.700 topeng akan diberikan saat Piala Dunia dimulai. Topeng ini berbahan karet resistan berkualitas tinggi.

Keunikan lain dari topeng ini adalah memiliki sedotan khusus. Sehingga petugas polisi yang memakainya bisa minum air atau bernapas oksigen lewat mulut tanpa perlu membuka topengnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement