Kamis 28 Jun 2018 08:03 WIB

Paulinho, Pembuka Pintu Kemenangan Brasil Atas Serbia

Paulinho mencetak gol pembuka Brasil ke gawang si Elang Putih pada menit ke-36.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Paulinho
Foto: (AP Photo/Natacha Pisarenko
Paulinho

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Gelandang Brasil José Paulo Bezerra Maciel Júnior atau akrab disebut Paulinho menjadi bintang kemenangan timnya saat membekap Serbia 2-0 di Stadion Spartak, Kamis (28/6) dini hari WIB. Paulinho mencetak gol pembuka Brasil ke gawang si Elang Putih pada menit ke-36. 

Gelandang Barcelona itu berani naik ke kotak penalti sendirian membantu serangan dan kemudian mendapat umpan lambung terukur dari rekannya sesama pemain Barca, Philipe Coutinho. Paulinho yang sempat mengontrol bola dengan mudah meneruskan bola dari Coutinho dengan kaki kananya. 

Analisis dari Fifa.com menyebutkan gol Paulinho ini menjadi kunci kemenangan Brasil atas Serbia. Sebab, gol ini membuat permainan Brasil makin meningkat dan displin. 

"Paulinho telah membuat gol pembuka. Gol pembuka selalu menjadi penentu permainan tim," tulis Fifa.com.

Selain gol ke-13-nya selama memperkuat Brasil tersebut, Paulinho dinilai punya kontribusi besar dengan menjaga ritmen permainan tim Samba di lini tengah. Paulinho adalah seorang gelandang bertahan pekerja keras. Ia berduet di tengah bersama pemain Real Madrid Casemiro.

Paulinho sejatinya hanya bermain 66 menit melawan Serbia. Ia ditarik keluar dan digantikan dengan gelandang Manchester City Fernandinho. Akan tetapi, itu cukup bagi Paulino meraih trofi bintang laga (man of the match) yang dipersembahkan merek bir terkenal sebagai sponsor.

"Terkadang Anda harus memahami cara lawan Anda bermain. Kami mencoba bermain melalui pertahanan mereka, tapi berat. Saya kira ada banyak hal positif dan kami akan membawanya pada laga kami selanjutnya," kata Paulinho setelah menerima trofi man of the match.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement