Sabtu 07 Jul 2018 02:29 WIB

Timnas Inggris Rasakan Manfaat Dukungan Suporter

Kekuatan sepak bola dalam menghubungkan setiap orang tak dapat diremehkan

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Hazliansyah
 Suporter Inggris merayakan keberhasilan timnas Inggris lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kolombia lewat drama adu penalti.
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Suporter Inggris merayakan keberhasilan timnas Inggris lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kolombia lewat drama adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pelatih Inggris Gareth Southgate menganggap dukungan memiliki dampak yang signifikan terhadap skuad the Three Lions. Ia mengatakan, kekuatan sepak bola dalam menghubungkan setiap orang tak dapat diremehkan.

"Kekuatan sepak bola untuk menghubungkan orang-orang tidak dapat diremehkan," kata Southgate dilansir dari BT Sport, Jumat (6/7).

Jumlah suporter Inggris yang datang dari luar Rusia telah menurun belakangan ini karena berbagai alasan. Namun, perayaan kemenangan yang dilakukan oleh mereka selama berada di Rusia tak luput dari perhatian tim Inggris yang berada di kamp latihan.

"Sangat menyenangkan melihat orang-orang senang, berbicara tentang hal itu di tempat kerja dan itu adalah sesuatu yang istimewa, untuk memiliki kesempatan itu," tuturnya.

Ia menyebutkan para pemainnya merasa senang dengan apa yang dirasakan penggemar.

Harry Kane dkk merasa terisolasi di kamp latihan dan memang harus berjuang untuk laga ke depan. Dengan adanya dukungan dari para penggemar, mereka merasa mendapatkan energi kolektif yang nyata.

"Para pemain merespons kehangatan, dorongan (dari para penggemar). Pembicaraan di dalam tim harus berubah, ada kehangatan setelah bermain dengan baik di pertandingan," jelasnya.

Melihat laga melawan Swedia, Southgate memiliki beberapa catatan penting. Peringkat FIFA tim Swedia saat ini berada di urutan ke 24, 12 peringat di belakang Inggris dan delapan urutan di belakang Kolombia.

Swedia dianggap berpotensi untuk menyulitkan mereka. Itu karena melihat Swedia dapat mengalahkan Belanda, mengalahkan Italia di babak play-off, dan memuncaki klasemen grup di Piala Dunia 2018, di mana Jerman menjadi yang paling bontot di grup tersebut.

"Mereka (Swedia) adalah tim yang sangat saya hormati. Mereka memiliki identitas yang sangat jelas dan benar-benar memiliki hasil yang luar biasa, sungguh, melawan negara-negara yang lebih difavoritkan dengan reputasi yang lebih besar," ungkap dia.

Kendati demikian, Southgate mengaku telah memainkan cukup pertandingan melawan Swedia selama bertahun-tahun. Ia juga telah menonton permainan mereka di turnamen untuk mengetahui seberapa kuat tim Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement