Jumat 06 Jul 2018 23:05 WIB

Tumbangkan Uruguay 0-2, Prancis Melaju ke Semifinal

Dua gol Prancis dicetak oleh Varane dan Griezmann

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

REPUBLIKA.CO.ID, NOVGOROD -- Prancis melenggang ke semifinal Piala Dunia 2018, usai mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0 di Stadion Niznhy Novgorod, Kamis (6/7). Dua gol Prancis dicetak oleh Varane dan Griezmann. Dengan hasil ini pula, Uruguay harus angkat koper dari Rusia. Semifinal ini juga menjadi yang ke-6 kalinya bagi Les Blues.

Lima menit pertama Uruguay mengontrol jalannya pertandingan. Bahkan beberapa peluang tercipta dari sisi sayap. 15 menit pertama kedua tim terlihat hati-hati. Praktis hanya satu peluang bagus dari Prancis, melalui sundulan Mbappe. Namun upaya Mbappe masih belum menemui sasaran.

Setengah jam pertandingan berjalan pun masih belum ada peluang emas tercipta. Bahkan Prancis belum melakukan tendangan ke gawang, sementara Uruguay hanya sekali. Menit ke-35, Uruguay mendapatkan peluang bagus dari tendangan Nandez. Tapi tendangannya melaju tepat ke tangkapan Llorris.

Prancis sebenarnya beberapa kali mencoba masuk ke wilayah pertahanan Uruguay. Tapi, barisan pertahanan yang dikomandoi Diego Godin bermain disiplin. Sehingga sulit untuk ditembus.

Tapi Les Blues akhirnya mampu merobek gawang Uruguay dari skema bola mati di menit ke- 40. Griezmann yang mengambil tendangan bebas mengirimkan umpan ke kotak penalti. Umpan kaki kiri Griezmann tersebut disambut dengan baik oleh Varane. 0-1 Prancis memimpin.

Tertinggal satu gol membuat skuat asuhan Oscar Tabarez tersebut mencoba membalas. Lloris melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-44 setelah memblok sundulan Caceres di sudut gawang. Godin yang mencoba memanfaatkan bola liar pun gagal menyamakan kedudukan. Skor 0-1 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Muslera hampir membuat kesalahan fatal. Ia memegang bola terlalu lama di wilayahnya, dan dapat direbut oleh Griezman. Beruntung bola memantul ke luar lapangan. Uruguay sebenarnya mampu membangun serangan dari sisi lapangan. Namun minimnya penyerang di kotak penalti membuat umpan-umpan tarik yang diberikan menjadi sia-sia.

Keasikan menyerang, Uruguay justru makin merana setelah Prancis menggandakan keungulan di menit ke-61 melalui Antoine Griezmann. Penyerangan Atletico Madrid tersebut melesatkan tendangan keras ke gawang Uruguay. Bola sebenarnya mengarah ke Muslera. Namun tangkapannya tidak sempurna sehingga blunder dan masuk ke gawangnya sendiri. 0-2 Prancis unggul.

Skuat asuhan Didier Deschamps itu hampir saja memperbesar keunggulan, jika saja tendangan Tolisso tak terlalu tinggi di menit ke-71. Meski unggul, Prancis masih mengendalikan permainan babak kedua. Mereka lebih sabar dalam memainkan bola dari kaki ke kaki.

Sementara serangan yang dibangun Uruguay kurang terkoordinir dengan baik. Sepuluh menit terakhir, tempo permainan mulai melambat. Uruguay nampak telah kehilangan motivasi dari gol kedua. Sehingga tekanan terhadap Prancis pun hanya sedikit sekali. Hingga pluit akhir pertandingan di bunyikan, skor 0-2 tetap bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement