Jumat 06 Jul 2018 11:31 WIB

Southgate Ingin Lebih dari Sekadar Perempat Final

Southgate mengatakan telah membuat kemajuan, tapi belum mencapai sukses

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Hazliansyah
Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.
Foto: EPA
Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pelatih Inggris Gareth Southgate menekankan, sampai di babak perempatfinal Piala Dunia belum dapat dikatakan sebagai suatu kesuksesan. Ia ingin skuadnya mencapai lebih dari sekadar itu.

"Kami telah membuat kemajuan tetapi kami belum mencapai sukses," katanya dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat (6/7).

Southgate menerangkan, ia sudah berpengalaman di permainan mengolah si kulit bundar. Setidaknya, sebagai pemain, ia telah bermain selama 30 tahun dan telah merasakan banyak suka dan duka dalam kurun waktu tersebut.

"Malam itu (melawan Kolombia) adalah malam yang luar biasa bagi kami semua. Tetapi, fokus saya langsung ke Swedia karena kami berada di delapan besar Piala Dunia. Kami ingin lebih banyak dari pengalaman itu dan kami ingin pergi sejauh mungkin," tuturnya.

Pada awal kompetisi, mendapat tempat di babak delapan besar disebut sudah menjadi capaian yang baik dari skuad muda Southgate. Namun, kini pandangan tersebut telah bergeser dan dalam beberapa hari terakhir Southgate telah mengalihkan pandangannya.

"Kami berada di tahap di mana kami bisa pulang sekarang, mendapatkan sambutan yang baik, kami telah memenangkan pertandingan knock-out, adu penalti. Atau, kita bisa melangkah lebih jauh dan benar-benar telah membuat perbedaan dan menciptakan sejarah kita sendiri," ujar dia.

Menurutnya, sebelum skuadnya datang ke Piala Dunia, mereka ingin membuat bangsa Inggris bangga. Karena itu, cara berperilaku mereka di Piala Dunia menunjukkan keinginan itu. Tapi ia sadar, The Three Lions juga harus memenangkan pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement