Kamis 05 Jul 2018 20:35 WIB

Mourinho: Tidak Adil Jika Hanya Neymar yang Dituduh Diving

Ia menilai banyak pemain yang diving hanya untuk menunda pertandingan

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Hazliansyah
 Pesepak bola Brasil Neymar mencetak gol ke gawang Meksiko pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Senin (2/7).
Foto: AP/Sergei Grits
Pesepak bola Brasil Neymar mencetak gol ke gawang Meksiko pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Senin (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manajer Manchester United Jose Mourinho menilai tidak adil jika hanya Neymar yang dianggap melakukan diving di ajang Piala Dunia 2018. Menurutnya banyak pemain lain yang juga melakukan diving untuk sekadar menunda permainan.

Neymar telah banyak dikritik karena perilaku diving-nya selama Piala Dunia. Tetapi Mourinho mengatakan dia bukan satu-satunya yang melakukan itu. Bahkan mantan pelatih Real Madrid itu menuduh bek Inggris Harry Maguire melakukan hal yang sama selama saat Inggris bertanding melawan Kolombia.

"Orang-orang berfokus pada Neymar, jika hanya Neymar saya akan senang. Tetapi bukan hanya Neymar," kata Mourinho, dikutip dari ESPN, Kamis (7/7).

Ia mengatakan, bintang-bintang Piala Dunia harus mengurangi akting atau diving.

"Setiap tim memiliki banyak pemain yang diving, banyak berpura-pura, banyak memberi tekanan pada wasit. Permainan kehilangan kualitas, dan bagi saya itu adalah poin negatif,'' ujar Mourinho.

Ia menekankan bukan tentang Inggris dan Kolombia, tapi hampir setiap pertandingan. Para pemain yang senang diving mempersulit pekerjaan wasit di setiap pertandingan. Bahkan dengan VAR, para pemain tetap menciptakan masalah.

Bahkan, Mourinho terkejut melihat bek tengah seperti Harry Maguire, yang biasanya adalah orang yang sangat jujur, namun melakukan diving di kotak penalti lalu meminta wasit untuk melihat VAR.

"Para pemain harus merasakan tanggung jawab bermain di Piala Dunia di depan miliaran penonton," ujar Mou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement