Kamis 05 Jul 2018 11:54 WIB

Ini Empat Wasit Laga Perempat Final Piala Dunia 2018

untuk pertandingan Uruguay melawan Prancis, wasit yang ditunjuk adalah Nestor Pitana.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Israr Itah
 Wasit Nestor Pitana asal Argentina.
Foto: AP/Martin Meissner
Wasit Nestor Pitana asal Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- FIFA telah menunjuk wasit asal Eropa dam Amerika Selatan untuk memimpin jalannya pertandingan perempat final Piala Dunia 2018. Pada babak delapan besar ini, kebetulan negara yang bertanding hanya tersisa dari dua benua itu.

Dilansir dari laman SBS, untuk pertandingan Uruguay melawan Prancis, wasit yang ditunjuk adalah Nestor Pitana asal Argentina. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7). Pitana telah memimpin setidaknya tiga pertandingan selama Piala Dunia 2018, salah satunya laga pembuka antara Rusia melawan Arab Saudi.

Ia mengeluarkan dua kartu kuning pada pertandingan yang dimenangkan oleh Rusia dengan skor 5-0 itu. Kemudian, ia mengeluarkan lima kartu kuning saat Swedia mengalahkan Meksiko pada pertandingan terakhir fase grup. Teranyar, ia memberikan hanya satu kartu kuning saat Kroasia menang adu penalti melawan Denmark pada babak 16 besar lalu.

Baca juga: Kosta Rika Depak Pelatih Oscar Ramirez

Pertandingan perempat final antara Brasil melawan Belgia pada Ahad (8/7) dini hari WIB, di Kazan, akan dipimpin oleh wasit asal Serbia, Milorad Mazic. Mazic merupakan wasit yang memimpin final Liga Champions pada Mei lalu. Pada Piala Dunia kali ini, Mazic telah dua kali menjadi wasit, yakni saat Kolombia menang melawan Senegal dan Meksiko melawan Korea Selatan di fase grup.

Wasit asal Brasil, Sandro Ricci, akan menjalankan tugasnya saat Rusia menghadapi Kroasia pada Sabtu (7/7), di Sochi. Sebelumnya, ia memimpin pertandingan pembuka Kroasia di fase grup, yakni melawan Nigeria.

Pertandingan perempat final terakhir antara Swedia melawan Inggris akan dipimpin oleh Bjorn Kuipers. Wasit asal Belanda ini akan bertugas memimpin pertandingan yang akan dilaksanakan di Samara, pada Sabtu (7/7) itu. Kuipers sebelumnya pernah memimpin pertandingan Inggris di Piala Dunia 2014. Saat itu, Inggris kalah 1-2 dari Italia.

Baca juga: Rusia Berambisi Melangkah Lebih Jauh di Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia kali ini, Kuipers menggunakan teknologi video teranyar untuk mengubah keputusannya dalam memberikan penalti terhadap Neymar dalam laga Brasil melawan Kosta Rika. Meski telah mengubah keputusan, ia tak memberikan pemain bintang itu kartu kuning karena melakukan diving.

Kuipers juga pernah dikerumuni para pemain Spanyol setelah menolak memberikan penalti saat melawan Rusia. Pertandingan lain yang dipimpin wasit berusia 45 tahun itu adalah pertandingan pembuka Uruguay. Saat itu Suarez dkk melawan Mesir.

Lihat jadwal lengkap perempat final Piala Dunia 2018:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement