Jumat 29 Jun 2018 07:57 WIB

Pelatih Panama Kecam Wartawan

Gomez optimistis level skuat La Marea Roja akan terus berkembang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Hernan Dario Gomez
Foto: AP/Fernando Llano
Hernan Dario Gomez

REPUBLIKA.CO.ID, SARANSK -- Pelatih Panama, Hernan Dario Gomez, mengecam pertanyaan seorang wartawan. Awak media itu mengonfirmasi status Los Canaleros sebagai tim terburuk pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dalam tiga laga, Panama selalu mengalami kekalahan. Setelah dibabat Belgia dan Inggris, teranyar sang debutan ditundukkan Tunisia 1-2, di Mordovia Arena, Saransk, Jumat (29/6) dini hari WIB.

"Sangat tidak menunjukkan rasa hormat. Anda seharusnya tidak memanggil kami tim terburuk. Kami tim termuda yang paling kesulitan. Berapa banyak lapangan dan infrastruktur kami miliki? Anda harus lebih menghormati kami," kata Gomez tentang kekesalan pada jurnalis tersebut, dikutip dari ESPN, Jumat (29/6).

Menurutnya, wakil Amerika Utara itu banyak belajar dari turnamen di Rusia. Gomez optimistis level skuat La Marea Roja akan terus berkembang.

"Panama telah belajar dari pengalaman di Rusia, dan akan memiliki masa depan yang cerah," ujar juru taktik 62 tahun ini.

Situasi kontraknya juga dipertanyakan. Setelah petualangan di negeri Beruang Merah, Gomez mengaku siap mempertimbangkan tawaran lain yang datang.

"Sekarang, saya cukup lelah. Anda akan memahaminya," ujar arsitek berkebangsaan Kolombia itu.

Pria dengan julukan el Bolillo (roti) ini punya rekam jejak cukup meyakinkan menukangi negara-negara Amerika Selatan dan Utara. Sebelum mendampingi Panama, Gomez membawa negara kelahirannya Kolombia berlaga di Piala Dunia 1998. Empat tahun berselang, giliran Ekuador dibawa mentas pada Piala Dunia 2002.

Panama belakangan merasakan sentuhan tangan dinginnya sejak 2014. Hasilnya, Panama lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama. Sayang, Los Canaleros menjadi bulan-bulanan di Grup G.

Meski menang atas Panama, Tunisia ikut tersingkir karena hanya menempati posisi tiga grup. Belgia lolos sebagai juara dan dan Inggris runner-up Grup G menuju babak 16 besar.

Lihat jadwal lengkap 16 Besar Piala Dunia 2018:

photo
Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2018

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement