Kamis 28 Jun 2018 04:28 WIB

Suporter Jerman Syok

Penggemar Jerman sulit menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala Dunia.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Indira Rezkisari
Suporter jerman yang ditemui di Fan Fest Saint Petersburg, Kamis (28/6) dinihari WIB, mengaku terkejut tim nasionalnya tersingkir dari Piala Dunia.
Foto: Republika/Citra Listya Rini
Suporter jerman yang ditemui di Fan Fest Saint Petersburg, Kamis (28/6) dinihari WIB, mengaku terkejut tim nasionalnya tersingkir dari Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG  --  Di luar dugaan, tim nasional Jerman yang notabene juara bertahan Piala Dunia harus angkat koper dari Rusia. Der Panzer tersingkir dari Piala Dunia 2018 setelah didepak Korea Selatan (Korsel) dengan skor 0-2 di Kazan Arena, Rabu (27/6) malam WIB.

Salah seorang fan Jerman, Mitchel, mengaku syok setelah melihat skuat Joachim Loew didepak Korsel pada laga penentu Grup F Piala Dunia 2018. Dia tak habis pikir juara dunia 2014 pulang lebih awal dari Negeri Beruang Merah.

"Kenyataan pahit ini sungguh sulit diterima dan dimengerti. Kami dalam masalah besar," kata Mitchel kepada wartawan Republika.co.id, Citra Listya Rini, di Fan Fest Saint Petersburg, Kamis (28/6) dini hari WIB.

Mitchel melihat Thomas Mueller dan kawan-kawan tidak bermain sesuai harapan suporter ketika meladeni Taegeuk Warriors. Pria yang terbang dari Berlin ini kecewa berat dan ingin Loew dipecat.

"Ini menjadi laga terakhir Loew. Saya harap dia tak lagi melatih Jerman," kata Mitchel dengan mimik wajah sedih.

Fan Jerman lainnya, Janu, tak kalah sedihnya dibandingkan Mitchel. Pria berkacamata ini tak mengira tim Panser harus angkat koper dari Rusia. Status juara bertahan Piala Dunia seakan menjadi kutukan karena kalah dari Korsel dan Meksiko.

"Saya sedih sekali melihat Jerman tersingkir. Padahal, materi pemain kami tidaklah mengecewakan di atas kertas," kata Janu.

Dua gol kemenangan Korea Selatan datang dari Young-Gwon Kim dan Heung-Min Son pada periode injury time babak kedua. Jerman menjadi juru kunci Grup F setelah dikalahkan Korsel.

Tim yang akhirnya melaju ke babak 16 besar adalah Swedia sebagai juara grup dan Meksiko sebagai runner-up Grup F. Tersingkirnya Jerman berarti bakal akan lahirnya juara dunia baru di Piala Dunia 2018.

Jerman adalah juara bertahan keempat yang tersingkir dari babak penyisihan grup. Sebelum tim Panser, ada Prancis yang tersingkir pada 2002, Italia pada 2010, dan Spanyol pada 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement