Kamis 28 Jun 2018 01:20 WIB

Pelatih Swedia Terharu Timnya Lolos 16 Besar

Swedia merupakan mimpi buruk kesebelasan favorit di Piala Dunia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Indira Rezkisari
Pelatih timnas Swedia Janne Andersson.
Foto: AP
Pelatih timnas Swedia Janne Andersson.

REPUBLIKA.CO.ID, YEKATERINBURG -- Pelatih timnas Swedia Janne Andersson merasa sangat bangga dan terharu atas kemenangan besar 3-0 saat menghadapi Meksiko di matchday pamungkas penyisihan Grup F Piala Dunia. Ia merasa sudah melakukan pekerjaan luar biasa.

"Kami telah melakukan pekerjaan fantastis hari ini dengan pertandingan yang berakhir dengan kemenangan besar," kata dia kepada wartawan dikutip Chicago Tribune, Kamis (28/6).

Tim Kuning-Biru bisa dikatakan bukanlah tim sembarangan, pasalnya mereka selalu menjadi mimpi buruk kesebelasan favorit di Piala Dunia. Sebelum mengalahkan Jerman, Ola Toivonen dan rekan setim mampu mengubur Belanda di babak kualifikasi, dan Italia di fase play-off.

Kini mereka kembali menuai hasil manis dengan lolos ke 16 besar sebagai juara grup. "Saya sangat bangga, hampir tergerak untuk memikirkan bagaimana kami tampil di lapangan, sangat disiplin. Saya pikir kami sudah tumbuh sejak pertandingan terakhir kami," sambung dia.

Pelatih berusia 55 tahun mengaku sulit untuk menggambarkan perasaan di hatinya ketika Andreas Granqvist mencatat gol kedua dari titik putih.

"saya lupa merayakan ketika (Granqvist) mencetak gol, saya sudah berada di tahap berikutnya dari perencanaan saya. Anda tak pernah bisa yakin apa pun dalam olahraga, tetapi dia sangat bagus dalam mengambil penalti."

Tak ada waktu bersantai bagi jugador Andersson, pasalnya mereka sudah harus fokus untuk menghadapi siapa runner-up Grup E di fase knock-out. Ketiga lawan yang akan dihadapi Swedia antara lain Brasil, Serbia, atau pun Swiss.



Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement