Selasa 26 Jun 2018 07:36 WIB

Nyaris Tersingkir, Spanyol 'Dibantu' VAR ke Babak 16 Besar

Sempat tertinggal 1-2, Spanyol akhirnya menyamakan kedudukan pada laga lawan Maroko.

Para pemain timnas Spanyol memberi aplaus kepada penonton seusai laga penyisihan grup Piala Dunia 2018 lawan Maroko, Selasa (26/6) dini hari WIB. Spanyol lolos ke babak 16 besar.
Foto: EPA/Armando Babani
Para pemain timnas Spanyol memberi aplaus kepada penonton seusai laga penyisihan grup Piala Dunia 2018 lawan Maroko, Selasa (26/6) dini hari WIB. Spanyol lolos ke babak 16 besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil keputusan tim wasit yang mengawal asisten video wasit (VAR) telah menyelamatkan tim sepak bola nasional Spanyol dari kemungkinan gagal pada penyisihan Grup B Piala Dunia 2018. Hal itu terjadi ketika Spanyol melawan tim nasional Maroko, Selasa (26/6) dini hari WIB.

Tim wasit pemantau VAR, seperti dipantau dari situs resmi Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Jakarta, Selasa (26/6) dini hari, memutuskan gol Iago Aspas pada menit ke-91 tetap sah. Meskipun, hakim garis lapangan menilai Aspas telah offside.

Dalam pertandingan penyisihan terakhir Grup B Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Kaliningrad, Rusia, Senin (25/6) malam waktu setempat itu, tim Matador meraih dua gol persembahan Isco pada babak pertama dan Aspas pada babak kedua.

Sementara itu, tim Singa Atlas meraih dua gol dari Boutaib pada babak pertama dan Youssef en Nesyri pada menit ke-81. Hasil imbang 1-1 pada babak pertama tidak lantas menyurutkan semangat anak-anak asuhan Herve Renard. Mereka tetap berusaha menggetarkan gawang David de Gea pada babak kedua.

Peluang itu muncul pada menit ke-55. Namun, bola sepakan Noureddine Amrabat hanya membentur mistar atas gawang tim La Roja. Spanyol hampir saja menambah perolehan gol jika sundulan bola Isco tidak terhalang sundulan Ghanem Saiss di lini belakang Maroko.

Adalah sepakan pojok Faycal Fajr pada menit ke-81 yang ditangkap oleh kepala Youssef en Nesyri menembus gawang de Gea. Maroko pun unggul 2-1.

Pada menit pertama tambahan waktu babak kedua, Aspas yang menggantikan Diego Costa pada menit ke-74 mampu menciptakan gol yang memaksa kedudukan imbang 2-2 untuk Spanyol. Namun, gol Aspas itu sempat dianulir hakim garis karena menilai pemain klub Celta itu offside. Wasit Ravshan Irmatov menyatakan gol Aspas tetap berlaku setelah mendengar keputusan tim wasit VAR.

Kemenangan atas tim Maroko itu menempatkan Spanyol sebagai juara grup B dan lolos babak 16 besar dengan total lima poin. Sementara itu, Maroko meraih satu poin karena mampu mencetak hasil imbang. Dalam laga lain penyisihan Grup B, Portugal menjadi tim kedua yang lolos ke babak 16 besar setelah meraih hasil imbang 1-1 atas Iran.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement