Senin 25 Jun 2018 03:28 WIB

Kolombia Pupuskan Harapan Polandia ke Babak 16 Besar

Kolombia menang telak 3-0 atas Polandia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Para pemain Kolombia merayakan gol Radamel Falcao (kanan) pada laga penyisihan Piala Dunia 2018 lawan Polandia di Kazan, Senin (25/6) dini hari WIB. Kolombia menang 3-0.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Para pemain Kolombia merayakan gol Radamel Falcao (kanan) pada laga penyisihan Piala Dunia 2018 lawan Polandia di Kazan, Senin (25/6) dini hari WIB. Kolombia menang 3-0.

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Gagal memetik poin penuh pada laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 saat dikalahkan Jepang 1-2, Kolombia akhirnya mampu untuk tetap menjaga peluang lolos ke fase 16 besar. Perempat finalis Piala Dunia 2014 itu sukses membekuk wakil Eropa, Polandia, 3-0 pada partai kedua Grup H di Stadion Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari WIB.

Torehan tiga angka dalam laga terakhir pada matchday kedua fase penyisihan grup itu membuat Kolombia masih memiliki peluang melaju ke babak 16 besar. Dengan mengantongi tiga angka, El Cafeteros berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup H. Pada laga pamungkas Grup H, Kolombia akan berhadapan dengan Senegal.

Sedangkan bagi Polandia, kekalahan dari wakil Amerika Selatan itu membuat mereka harus rela pulang lebih awal dan tersingkir dari gelaran Piala Dunia 2018. Laga tersebut memang menjadi laga hidup-mati untuk kedua tim. Pasalnya, pada laga Grup H lainnya, Jepang dan Senegal berbagi satu poin setelah bermain imbang 2-2.

Dalam laga di Stadion Kazan Arena tersebut, Kolombia memang tampil lebih agresif dibanding Polandia. Selain unggul penguasaan bola mencapai 54 persen, tim besutan Jose Pekerman itu 13 kali mengancam gawang Polandia.

Sementara itu, Polandia hanya sembilan kali memberikan ancaman ke gawang Kolombia. Demikian pun dengan tendangan ke arah gawang.

Kolombia mengemas 13 kali tendangan, dengan lima di antaranya tepat ke arah gawang. Berbanding sembilan kali tendangan yang dilepaskan para penggawa Polandia.

Keunggulan Kolombia dibuka pada menit ke-40 lewat sundulan Yerry Mina. Pemain bertahan El Cafeteros itu memanfaatkan umpan lambung dari James Rodriguez, yang dilepaskan dari sisi kiri pertahanan Polandia. Gol Mina itu pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Polandia mencoba untuk terus menggempur pertahanan Kolombia. Peluang terbaik didapatkan Robert Lewandowski pada menit ke-57. Namun, bola hasil sepakan penyerang Bayern Muenchen itu masih mampu dihalau kiper Kolombia David Ospina.

Tidak hanya itu, demi menambah daya gedor, pelatih Polandia Adam Nawalka memasukkan Kamil Grosicki untuk menggantikan Kowanicki. Namun, hingga satu jam laga berjalan, Polandia belum juga mampu merobek gawang El Cafeteros. Sebaliknya, Kolombia justru mampu menambah keunggulan, tepatnya pada menit ke-70.

Radamel Falcao akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Setelah menerima umpan terobosan dari Quintero, penyerang berjuluk El Tigre itu mampu memaksa kiper Polandia Wojciech Szczesny memungut bola dari jala gawangnya. Ini merupakan gol perdana Falcao di kancah Piala Dunia, setelah sempat absen di Piala Dunia 2014 karena mengalami cedera.

Tidak berhenti sampai di situ, Kolombia berhasil memperlebar jarak keunggulannya. Setelah kerap kali menyulitkan lini belakang Polandia melalui aksi-aksinya, Juan Cuadrado akhirnya menyumbang satu gol pada laga tersebut. Pemain Juventus itu menerima umpan dari James Rodriguez, yang memimpin serangan balik cepat.

Setelah menerima operan dari Rodriguez, Cuadrado berlari dan kemudian dengan mudah menaklukan Szczesny. Tiga gol sudah cukup membuat Kolombia memperpanjang napas untuk tetap berada di turnamen sepak bola paling bergengsi sejagat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement