Rabu 20 Jun 2018 21:07 WIB

Tekuk Maroko, Portugal Buka Peluang Lolos 16 Besar

Maroko sebenarnya mampu memberikan perlawanan untuk mencari gol penyeimbang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo menyundul bola untuk mencetak gol pembuka pada  pertandingan grup B Piala Dunia 2018 antara Portugal dan Maroko  di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia, Rabu (20/6).
Foto: AP/Victor Caivano
Cristiano Ronaldo menyundul bola untuk mencetak gol pembuka pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 antara Portugal dan Maroko di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia, Rabu (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Portugal akhirnya membukukan kemenangan perdana di Piala Dunia 2018 Rusia. Melawan Maroko di lanjutan Grup B di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (20/6), skuat Samba Eropa menang tipis 1-0.

Gol kemenangan Portugal dicetak oleh superstar Real Madrid Cristiano Ronaldo di menit keempat lewat sundulan kepala. CR7, julukan Ronaldo, mengejutkan semua pemain Maroko saat dirinya di posisi yang tepat menyundul bola kiriman sepak pojok Joao Moutinho. Sambil menjatuhkan badan, Ronaldo menyundul keras bola yang kemudian  menghujam gawang Maroko yang dijaga kiper Monir El Kajoui.

Berdasarkan catatan Opta, Ronaldo kini menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol untuk timnas. Total, Ronaldo telah mengoleksi 85 gol untuk timnas Portugal.
Tambahan satu gol ke gawang Maroko juga membuat Ronaldo kini memuncaki daftar top skorer Piala Dunia 2018 dengan empat gol. Sebelumnya, Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Spanyol.

Kini Portugal harus menantikan laga terakhir untuk memastikan tiket lolos ke fase 16 besar. Lawan terakhir yang akan dihadapi Portugal adalah Iran. Di laga perdana, Portugal bermain imbang 3-3 melawan Spanyol.

Maroko sebenarnya mampu memberikan perlawanan untuk mencari gol penyeimbang. Di menit 34, striker tim berjuluk Atlas Lions tersebut Karim El Ahmadi nyaris saja menjebol gawang Rui Patricio. Tapi sepakannya masih melenceng tipis dari target.

Di menit 40, Selecao nyaris saja menggandakan keunggulan. Kali ini giliran tandem Ronaldo di lini depan Goncalo Guedes yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Munir. Sayangnya tendangan penyerang Valencia itu dimentahkan Monir.

Insiden kecil sempat terjadi jelang babak pertama usai. Bek Juventus Medhi Benatia menjegal Ronaldo untuk mengamankan lini pertahanannya dari kebobolan tambahan. Wasit asal Amerika Serikat Mark Geiger menghadiahi Benatia kartu kuning. Skor 1-0 masih bertahan sampai Geiger meniupkan peluit tanda turun minum.

Di babak kedua tidak ada lagi gol tercipta. Tapi permainan tetap menarik disimak karena Maroko terus berusaha mencari gol balasan. Bahkan pada menit 70, Maroko sempat unggul penguasaan bola sampai 52 persen. Namun barisan pertahanan Portugal tetap bisa meredam setiap peluang yang diciptakan oleh Maroko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement