Senin 18 Jun 2018 21:10 WIB

Fan Keluhkan Ketersediaan Tiket di Piala Dunia 2018

Fan bahkan rela mencari tiket melalui calo

Fan tidak bisa masuk ke dalam Stadion Spartak untuk menyaksikan laga penyisihan Grup D antara Argentina lawan Islandia, Sabtu (16/6) kemarin
Foto: Republika/Citra Listyarini
Fan tidak bisa masuk ke dalam Stadion Spartak untuk menyaksikan laga penyisihan Grup D antara Argentina lawan Islandia, Sabtu (16/6) kemarin

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan wartawan Republika, Citra Listyarini dari Moskow, Rusia

MOSKOW  --  Piala Dunia selalu menyedot perhatian para pecinta olahraga sepak bola. Menonton langsung tim kesayangan berlaga dalam stadion merupakan impian semua penggemar.

Mahalnya harga tiket masuk ke dalam stadion bukanlah perkara besar bagi fan. Atmosfer di dalam stadion bersama para suporter lain mendukung pemain idola berlaga menjadi salah satu alasan.

Terbukti besarnya antusias penggemar yang langsung datang ke Rusia untuk menyaksikan langsung pertandingan Piala Dunia 2018. Rata-rata suporter yang saya temui di Moskow sudah memegang tiket pertandingan yang bakal mereka tonton.

Bahkan, seorang fan bisa membeli lebih dari satu tiket pertandingan. Mereka mengklaim, kapan lagi mendukung langsung tim kesayangan berlaga di Piala Dunia. Harga tiket termahal pun bukan perkara besar untuk dibeli.

Sayang, tidak semua fan memiliki tiket pertandingan. Banyak di antara mereka yang kesulitan membeli tiket Piala Dunia 2018. Mereka sudah berusaha membeli secara online lewat website resmi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Namun, tiket beragam pertandingan kebanyakan sudah ludes terjual dari berbagai kategori.

Suporter yang tak memiliki tiket masuk ke area stadion pun banyak yang mengeluh. Mereka nekat ke Rusia untuk membeli tiket dari calo. Berdasarkan pengamatan saya di Stadion Luzhniki dan Stadion Spartak, fan lalu-lalang mencari calo tiket.

"Ada yang punya tiket lebih?," begitu rata-rata pertanyaan mereka.

Pada akhirnya mereka harus gigit jari karena faktanya tidak bisa membeli tiket on the spot. Beralih ke FIFA Fan Fest menjadi pilihan mereka menyaksikan jalannya pertandingan tim kesayangan berlaga di Piala Dunia 2018.

"Saya terpaksa ke Fan Fest karena tidak punya tiket masuk ke dalam stadion. Saya sudah putus asa mencari tiket pertandingan Piala Dunia 2018," kata Harper kepada Republika.co.id.

"Saya lihat bangku stadion kosong, tapi tiket rata-rata habis terjual. Sungguh mengherankan," kata Jonathan menambahkan.

Beberapa fan lain yang tidak sempat saya tanyakan namanya juga mengeluhkan sulitnya membeli tiket Piala Dunia 2018.

Sebelum terbang ke Rusia, saya juga sempat mengakses website FIFA untuk membeli tiket pertandingan. Sayang, beberapa pertandingan yang ingin saya beli sudah tidak tersedia tiketnya. Terpaksa saya menggunakan jasa agen tiket. Tentu saja harga tiket naik drastis dibandingkan harga asli yang ditawarkan di website resmi FIFA.




Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement