Ahad 17 Jun 2018 13:13 WIB

Kroasia Siap Mengubur Langkah Argentina Lolos Fase Grup

Kroasia harus fokus pada diri sendiri.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Muhammad Hafil
 Tim nasional Kroasia berhasil meraih tiga poin sempurna saat mengalahkan Nigeria pada laga perdana Grup D Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Ahad (17/6) dini hari WIB.
Foto: AP/Michael Sohn
Tim nasional Kroasia berhasil meraih tiga poin sempurna saat mengalahkan Nigeria pada laga perdana Grup D Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Ahad (17/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Kroasia, Zlatco Dalic sesumbar setelah timnya berhasil mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama grup D. Dia yakin bahwa tim nasional Kroasia bisa menumbangkan Argentina yang dalam pertandingan semalam hanya mampu bermain imbang dengan Islandia.

"Ini akan menjadi pertandingan yang berbeda dan sulit. Kami sedikit di depan, kami harus siap. Tentu saja, tiga poin lagi akan membantu kami untuk maju dan Argentina bisa dalam perjalanan pulang," ujar Dalic Dalic kepada wartawan pada konferensi pers pasca-pertandingan dilansir Fourfourtwo, Ahad (17/6).

Kedua tim memang akan bertemu pada pertandingan kedua di fase grup, Jumat (22/6). Jika Kroasia menang dari Argentina, maka langkah Tim Tango akan semakin sulit untuk maju ke babak 16 besar.

"Tapi kami harus fokus pada diri kita sendiri, "kata Dalic. Kroasia sendiri akan memainkan pertandingan penyisihan grup terakhir mereka melawan Islandia pada 26 Juni.

Dalam pertandingan semalam, tim nasional Kroasia mengawali kampanye Piala Dunia 2018 dengan hasil sempurna. Menghadapi Nigeria pada laga perdana Grup D, di Kaliningrad Stadium, Rusia, Ahad (17/6) dini hari WIB, wakil Eropa itu unggul dua gol tanpa balas.

Melalui pertandingan yang tidak terlalu cepat, Kroasia memecah kebuntuan pada menit ke-32. Berawal dari sepak pojok yang dilesakkan Modric, disambar Ante Rebic dengan sundulan. Mario Mandzukic meneruskan bola yang datang dengan tandukan.

Terjadi kemelut. Bola hasil tandukan Mandzukic mengenai Oghenekaro Etebo hingga meluncur mulus ke gawang Nigeria. Gol bunuh diri tersebut menjadi satu-satunya gol pada babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Kroasia bertahan hingga turun minum.

Pada menit ke-70, Kroasia memperbesar keunggulan. Berawal dari pelanggaran William Troost-Ekong kepada Mandzukic di kotak terlarang, hadiah penalti diberikan. Modric yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik.

Di sisa waktu yang ada, Nigeria terus berupaya mengejar ketertinggalan. Sebaliknya Kroasia tampak tenang mengendalikan permainan. Hingga laga berakhir, skor 2-0 untuk skuat polesan Zlatko Dalic tidak berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement