Sabtu 03 Jul 2010 09:50 WIB

Gol Sneijder Singkirkan Brasil, Belanda ke Semifinal

REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELIZABETH--Arsitek Belanda, Bert van Marwijk, menegaskan tak akan sepak bola indah saat timnya berhadapan dengan Brasil di perempat final Piala Dunia 2010 di Stadion Nelson Mandela Bay, Jumat (2/7). Sepak bola indah memang tak terlalu mencuat, namun sepak bola menyerang tetap dipertontonkan saat Belanda unggul 2-1 atas Brasil dan lolos ke semifinal.

Brasil pernah identik dengan sepakbola khas 'Samba' yang begitu indah. Sementara, Belanda kerap disebut sebagai 'Brasil Eropa' terutama saat memunculkan 'total football'. Legenda Belanda, Johan Cruyff pun mengakui bahwa sepak bola Brasil dan Belanda sudah tak enak untuk dilihat dibanding beberapa tahun silam.

Namun demikian, meski tak ada sepak bola indah seperti yang diinginkan Cruyff, Belanda dan Brasil memperlihatkan pola sepak bola menyerang dan bukan bertahan yang lantas mengandalkan serangan balik, seperti yang dikhawatirkan banyak orang.

Di babak pertama, Brasil terlihat agak sedikit mengambil inisiatif serangan, sementara lini belakang Belanda belum terlihat padu. Hasilnya, di menit ke-10, pergerakan sederhana pasukan Brasil dari lini tengah berbuah manis. Felipe Melo menyodorkan bola dari tengah dan mantan pemain Real Madrid, Robinho, dengan mudah lolos dari pengawalan pemain bertahan Belanda dan mengoyak jala tim 'Oranje'. 1-0 untuk Brasil.

Di menit ke-31, Robinho 'menari' di atas lapangan hijau dan melewati tiga pemain di sisi kiri. Bola dikirimkan pada Luis Fabiano yang meneruskannya ke arah Kaka di ujung kotak penalti. Sayang, tendangan melengkung Kaka mampu ditepis kiper Belanda, Maarten Stekelenburg, sehingga

belum mengubah skor. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, inisiatif serangan justru dipegang Belanda. Tak butuh waktu lama, di menit ke-53 Belanda mampu menyamakan kedudukan. Wesley Sneijder melepaskan umpan dari sisi kanan ke arah gawang Julio Cesar yang mencoba meninju bola, tetapi bola sempat menyentuh Felipe Melo dan bola meluncur ke arah gawang sendiri.

Belanda balik unggul di menit ke-67. Sekali lagi Sneijder mencetak gol kedua bagi Belanda melalui sundulan kepala memanfaatkan bola tendangan sudut.

Sempat unggul di babak pertama, Brasil merana dan tertinggal 1-2 di babak kedua. Perjuangan tim 'Samba' semakin berat setelah Felipo Melo diusir keluar lapangan oleh wasit Yuichi Nishimura dari Jepang

karena dengan sengaja menginjak Arjen Robben.

Kekurangan jumlah pemain agak membuat Brasil sulit untuk tampil menekan. Kaka, Luis Fabiano, dan Robinho terlihat berusaha terus menyerang, namun gol tak juga lahir. Brasil pun tersisih dan Belanda melaju ke semifinal.

Susunan pemain

Belanda:

1 Maarten Stekelenburg ; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 11-Arjen Robben; 9-Robin van Persie.

Brasil:

1-Julio Cesar; 2-Maicon, 3-Lucio, 4-Juan, 6-Michel Bastos, 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 13-Dani Alves, 10-Kaka, 11-Robinho, 9-Luis Fabiano.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement